Jelang Pilpres dan Pileg 2019, Wiranto Pastikan Pemungutan Suara Berjalan Aman

Jelang Pilpres dan Pileg 2019, Wiranto Pastikan Pemungutan Suara Berjalan Aman

Jelang pemungutan suara pilpres dan caleg 2019, Menkopolhukam menggelar rapat koordinasi (Rakor) serentak bersama TNI-Polri, KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu di Gedung Kementerian Polhukam, Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (16/4/2019), rapat dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Usai Rakor, Menkopolhukam Wiranto menjelaskan bahwa pemerintah memastikan pemilu berjalan dengan aman untuk meyakinkan masyarakat dan menghindari kericuhan.

"Adanya pernyataan kerusuhan dan ancaman sehingga membuat mereka merasa takut, ternyata setelah kita teliti dengan semua usaha-usaha dan penjelasan yang akurat dari berbagai instansi, maka dari laporan memang itu tidak terjadi," ucap Wiranto.

Selain itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pawai kemenangan yang dinilai dapat menimbulkan kericuhan.

"Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pawai atau apapun mobilisasi massa untuk menunjukkan kemenangan karena nanti akan memprovokasi pihak lainnya," jelasnya.

Perlu diketahui, usai pemungutan suara, rekapitulasi penghitungan suara akan memakan waktu dari 17 April hingga 22 Mei 2019.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 16 April 2019, 08:40 WIB

Tag Terkait


Video Terkait

Spotlights