Sukses

PDIP Bandingkan Sikap Prabowo dan Megawati Terkait Jet Sukhoi Halangi Penerbangan

Hasto menilai, kubu Prabowo semakin terdorong untuk melontarkan berbagai macam tuduhan lantaran hasil survei selalu mengunggulkan Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga pesawat tempur Sukhoi disebut menghalangi pesawat yang ditumpangi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat akan melakukan kampanye terbuka di Purwokerto pada Senin 1 April. 

Pernyataan itu pertama kali  terlontar dari cuitan Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Johannes Surya Prabowo melalui akun twitternya. Terkait tudingan itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menganggap tudingan JS Prabowo sebagai tuduhan serius.

Menurut dia, kubu Prabowo semakin terdorong untuk melontarkan berbagai macam tuduhan lantaran hasil survei selalu mengunggulkan Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin. 

"Semua skenario kalap akibat survei Prabowo-Sandi yang semakin tertekan. Mereka biasa menghalalkan segala cara, dimulai hoaks, fitnah, skenario curang, politisasi agama, hingga teori konspirasi buta," ujar Hasto melalui sebuah pernyataan tertulis, Jum’at (5/4/2019).

Dia menjelaskan, tidak ada sama sekali pesawat jet tempur Sukhoi yang sengaja menghalangi Prabowo. Saat itu. Berdasarkan penjelasan pihak TNI, saat itu memang ada pesawat lain yang akan mendarat ketika pesawat Prabowo akan lepas landas. Penerbangan pun murni ditunda atas alasan keselamatan.

Karenanya, Hasto mengganggap Prabowo sangat berbeda dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Sebab, hal serupa pernah terjadi pada Megawati saat akan berangkat ke Cirebon melalui Bandara Halim, Kamis, 4 April 2019 kemarin.

"Pesawat Ibu Megawati sempat tertunda 23 menit karena takeoff-landing Sukhoi. Ibu Megawati pun dengan sabar menerima hal tersebut, mengingat Halim memang menjadi pangkalan pesawat militer," tukas dia. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungkit Larangan Tertawa

Hasto menambahkan, ia melihat bahwa kubu Prabowo sama emosionalnya dengan capres yang diusung. Ia pun yakin publik bisa menilai sendiri bagaimana emosionalnya sosok Prabowo.

Menurutnya, penampilan Prabowo saat debat capres terakhir adalah salah satu contohnya. Karena tidak bisa menerima pemahaman Jokowi tentang politik pertahanan, emosi Prabowo pun terpancing.

"Hal tak terpuji pun ditampilkan ketika tertawa saja dilarang, hanya karena Pak Jokowi tampil lebih percaya diri dalam membangun kebanggaan terhadap TNI.

"Ketika Pak Jokowi mampu mengungguli seluruh gagasan politik pertahanan Pak Prabowo yang terlihat usang dan ketinggalan jaman, maka disitulah pecutan emosi itu terjadi. Demikian halnya pernyataan Pak Jokowi yang lebih memercayai sepenuhnya institusi TNI, ternyata menjebol ambang batas emosi Pak Prabowo,” ia mengakhiri.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sukhoi