Sukses

Persiapan Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Jadi Moderator Debat Capres

Liputan6.com, Jakarta - Nama Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi terpilih menjadi moderator debat keempat Pilpres 2019. Debat akan berlangsung malam ini, Sabtu (30/3/2019) di Hotel Shangri-La Jakarta.

Dipilihnya Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi ini sudah menjadi kesepakatan bagi kedua kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, juga Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Retno Pinasti merupakan presenter senior berita SCTV yang kini menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6 SCTV. Sedangkan Zulfikar Naghi adalah presenter berita Indosiar.

Jelang debat keempat, keduanya pun melakukan berbagai persiapan. Mulai dari bersiap akan disorot oleh masyarakat Indonesia hingga persiapan diri.

Berikut berbagai persiapan yang dilakukan Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi jelang debat keempat Pilpres 2019 dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

1. Siap Disorot Warga

Menjadi moderator debat sudah pasti akan menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Begitu pula yang akan terjadi pada Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi.

Keduanya mengaku sudah siap menjadi moderator debat. Menurut Retno, dirinya tetap merasakan tegang meski sudah senior di dunia jurnalistik.

"Enggak bisa tidur sehari, habis itu besoknya ngantuk sih," ujar Retno.

"Kita jalani dengan baik, dengan ikhlas, siap membantu KPU untuk kelancaran jalannya debat," sambung Zulfikar.

 

3 dari 5 halaman

2. Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Zulfikar Naghi menjelaskan, KPU sudah memberi tahu kepada dirinya dan Retno Pinasti tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh moderator debat.

"Kita sebagai moderator ini mengingatkan dari kandidat mengenai waktunya berapa menit, sudah habis atau belum," ucap Zulfikar.

"Intinya moderator itu di sini jadi wasit sih. Kita mesti independen, berimbang, jadi pokoknya berimbang dari segala lah, mulai dari durasi bicara, dan sebagainya," lanjut Retno.

Meski begitu, Retno juga mengatakan sebagai moderator untuk tidak terlalu kaku dan jalannya debat harus tetap seru.

"Justru kalau seru itu artinya masyarakat dan pendukung antusias pada Pemilu dan Pilpres yang akan datang," kata dia.

"Kalau kita harap cicing (diam), harap cicing (diam)," sambung Zulfikar.

"Jadi kita ga banyak ngomong, sssttt sssttt," Retno menimpali.

 

4 dari 5 halaman

3. Ajak Milenial Nonton Debat

Zulfikar mengatakan, apa yang akan dilakukannya bersama Retno saat debat keempat Pilpres 2019 merupakan hal yang standar.

"Kita menggunakan bahasa yang sopan, yang baku, mengingat, ini kontestasi Pilpres, di mana ini tokoh-tokoh penting yang hadir," ucap Zulfikar.

Oleh karena itu, Retno pun mengajak agar masyarakat Indonesia menonton debat keempat Pilpres 2019.

"Jangan kebanyakan galau nonton debat yang keempat ini supaya makin mantap menjatuhkan pilihan yang objektif," kata Retno.

"Terutama kaum kita nih, kaum milenial. bagi kalian temen-temen milenial yang belum sama, belum memiliki pandangan, mudah-mudahan debat keempat ini sudah semakin yakin dengan pandangan dan juga pilihannya," sambung Zulfikar.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sederet Penampilan Kece Moderator Debat Capres Zulfikar Naghi
Artikel Selanjutnya
Mengenal Moderator Debat Keempat Pilpres, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi