Sukses

Jokowi Kampanye di Pontianak: Pembangunan dari Pinggir Membuahkan Hasil

Liputan6.com, Pontianak - Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pembangunan Indonesia dari daerah pinggir telah membuahkan hasil. Contohnya, seperti yang diterapkan di Pontianak, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia.

Dalam kampanye terbuka di Kubu Resort, Pontianak, Jokowi mengatakan, Kalimantan Barat berhasil mengembangkan potensi tanaman holtikultura, kuliner, sampai siap menjadi lumbung padi nasional. Hal itu menurutnya berkat infrastruktur yang dibangun selama periode kepemimpinannya.

"Semua itu, berkat infrastruktur yang sudah dibangun dalam lima tahun terakhir di sini. Tolong jaga ini dengan terus membina persatuan dan kerukunan karena di sini berkumpulnya banyak suku," ucap Jokowi dikutip dari keterangan resmi, Rabu (27/3/2019).

Saat kampanye terbuka di Pontianak, Jokowi ditemani istrinya Iriana, Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, dan Ketua Umum Partai Hanura Osman Sapta Odang. Para pendukung dari multi etnis di sana juga ramai menyambut kehadiran Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membeberkan beberapa infrastruktur yang berhasil dibangun. Seperti Pos Lintas Batas Nasional di Entikong, Badau, dan Aruk yang kualitasnya jauh lebih baik dengan jalan lebar dan aspal mulus.

"Pengembangan Bandara Supadio, lalu pembangunan Pelabuhan Kijing, jembatan gandeng di Landak, serta jembaran di Sungai Sambas Besar dilakukan untuk mendukung peningkatan potensi yang dimiliki Pontianak. Pemerintah akan melakukan kajian untuk membangun Tol Pntianak-Singkawang. Saya sudah 10 kali ke Pontianak, dan sekarang saya tanya, apakah jalan di Entikong, Badau, dan Aruk sudah bagus? kata Jokowi.

2 dari 3 halaman

Pilih Pemimpin Berpengalaman

Jokowi pun meminta kepada masyarakat Pontianak agar memilih pemimpin yang berpengalaman agar daerahnya maju. Seperti yang sudah dia lakukan selama kurang lebih lima tahun ini.

"Saya sudah membuktikan melalui rekam jejak, kejujuran, dan prestasi. Pengalaman menjadi walikota, gubernur, dan presiden menjadi modal saya untuk kembali memimpin. Selain itu, saya meminta agar masyarakat Kalimantan Barat untuk ikut memerangi hoaks dan berita buruk," ujar Jokowi.

Kepada masyarakat Pontianak, Jokowi kembali mengimbau untuk mewaspadai berita hoaks dan fitnah. Terutama isu-isu agama yang masih kerap dilontarkan, padahal jelas fitnah karena cawapresnya saja kiai besar Ma'ruf Amin.

"Kita harus lawan berita bohong dan fitnah itu. Kita harus meresponnya, Termasuk pada tanggal 17 April nanti, dengan cara datang berbondong-bondong ke TPS. Ajak saudara, sahabat, dan keluarga dengan mengenakan baju putih untuk menusuk nomor 01 yang berbaju putih. Ingat hari Rabu pilih baju putih karena putih adalah kita," kata Jokowi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bubarkan Ormas Anti-Pancasila, Jokowi Dinilai Sosok Pemimpin yang Berani
Artikel Selanjutnya
Jokowi Dorong Banyuwangi Untuk Terus Berinovasi