Sukses

Atasi Stunting, Ini Gagasan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno dalam Debat Cawapres

Liputan6.com, Jakarta - Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno telah menyelesaikan debat calon wakil presiden atau debat cawapres. Debat ini merupakan debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Debat cawapres bertema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan itu digelar Minggu, 17 Maret 2019 malam di Hotel Sultan, Jakarta.

Saat debat cawapres, keduanya memaparkan visi misi yang salah satunya membahas masalah stunting di Indonesia. Ma'ruf Amin, berpasangan dengan calon presiden (capres) Joko Widodo atau Jokowi mempunyai cara tersendiri menuntaskan stunting.

Bahkan dirinya berjanji akan mendorong upaya preventif untuk mengurangi jumlah stunting di Tanah Air.

Sedangkan Sandiaga Uno, bersama capres Prabowo Subianto juga memiliki trik untuk mengurangi masalah stunting di Indonesia. Yakni lewat program pemberian susu dan kacang hijau pada anak-anak Indonesia.

Berikut perbedaan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno bereskan stunting di Indonesia saat debat cawapres 2019 dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

1. Bentuk Berbagai Gerakan ala Ma'ruf Amin

Cawapres 01 Ma'ruf Amin mengatakan pemerintahannya bersama Joko Widodo atau Jokowi akan mendorong upaya preventif untuk mengurangi jumlah stunting di Tanah Air.

"Di samping perbaiki layanan yang kurang, pengobatan, akses kesehatan dan perbaikan pelayanan kesehatan baik yang sifatnya layanan kesehatan maupun obat-obatan, kami juga mendorong yang preventif, melalui sejumlah program," ujar Ma'ruf Amin.

Program-program yang akan dibentuk itu antara lain Gerakan Masyarakat Sehat, Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, serta Kesehatan Ibu dan Anak.

"Juga mendorong masyarakat untuk tidak mengonsumsi hal-hal yang kurang sehat," ujar Ma'ruf Amin.

Menurut dia, pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla sudah menurunkan angka stanting sampai 7 persen. Ke depan, lanjut dia, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan menurunkannya hingga 10 persen bahkan sampai batas ambang 20 persen.

 

3 dari 4 halaman

2. Susu dan Kacang Hijau dari Sandiaga Uno

Cawapres 02 Sandiaga Uno mengatakan kubu Prabowo-Sandi akan memiliki program nyata dalam mengatasi stunting yang ada di Indonesia. Yakni lewat program pemberian susu dan kacang hijau pada anak-anak Indonesia.

"Kami yakin gizi anak akan baik, kalau kita beri program antara sistem pendidikan di mana TK dan SD menyiapkan susu dan kacang hijau seperti yang di Jakarta yang kami jalankan," kata Sandiaga Uno.

Lewat pemberian makanan bergizi susu dan kacang hijau, kubu Prabowo-Sandi yakin stunting bisa cepat diatasi.

"Sehingga stunting bisa kita turunkan semakin cepat untuk masa depan Indonesia menang," Sandiaga Uno melanjutkan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Negatif dan Positifnya Melahirkan di Usia Nur Asia Istri Sandiaga Uno
Artikel Selanjutnya
7 Twit Kocak Penghapusan UN di Debat Cawapres, Ujungnya Bikin Baper