Sukses

KPU: Komite Damai Siap Jaga Debat Cawapres Agar Kondusif

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, persiapan debat cawapres malam nanti sudah mencapai 99 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengatakan, persiapan debat cawapres malam nanti sudah mencapai 99 persen. Dalam debat cawapres nanti, akan ada komite damai, yang khusus membantu ketertiban suasana debat.

Pembentukan komite damai ini untuk mengantisipasi potensi ricuh yang terjadi saat debat pilpres sebelumnya.

"Itu sebenarnya untuk banyak hal. Bukan karena hanya ricuh saja," kata Arief di Holten Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Arief mengatakan nantinya para anggota komite damai ini akan berkeliling saat debat cawapres berlangsung. Tujuannya, menjaga kondusifitas di ruang debat, agar publik dapat merasakan pesan disampaikan dalam debat kali ini.

"Bahwa ini adalah debat, tujuannya adalah penyampaian visi misi sehingga publik bisa dapat informasi soal visi misi kandidat," jelas Arief.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berisi 6 Orang

Komite Damai berisi dari enam orang. Terdiri dari KPU, dan perwakilan tiap timses dan Bawaslu. Seperti Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan Komisioner Bawaslu Mochammad Afifudin.

Dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf diwakili Direktur Program TKN Aria Bima dan Gugus Tugas Khusus TKN Rizal Malarangeng.

Kemudian dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, diwakili anggota BPN Putra Jaya Husein serta seorang anggota Direktorat Media dan Komunikasi BPN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.