Sukses

Debat Cawapres, Sandiaga Siapkan Cara Atasi Defisit Anggaran BPJS

Tindakan pencegahan disebut sebagai cara ampuh meminimalkan pendanaan lewat BPJS.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sumarjati Arjoso menyatakan cawapres Sandiaga Uno akan menaruh fokus penuh pada isu kesehatan di debat ketiga Pilpres 2019. Dalam debat kali ini, kesehatan menjadi salah satu dari empat tema yang dibahas, selain pendidikan, ketenagakerjaam dan sosial budaya. 

“Kita akan fokus pada kesehatan, karena harus ada tindakan promotif preventif upaya pencegahan sehingga penyakit itu tidak menjadi parah,” kata Sumarjati usai acara Gerindra Mendengar di Jalan Mulawarman, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Dengan mengutamakan tindakan tersebut, lanjut Sumarjati, Indonesia diharapkan dapat meminimalisir kasus penyakit berat seperti kanker, stroke, ginjal dan diabetes, agar tidak menjadi komplikasi. Sehingga, langkah penyembuhan tidak terlalu menyedot kas BPJS Kesehatan.

"Misalnya diabetes tak jadi berat, tidak komplikasi ke ginjal sehingga tidak perlu cuci darah. Hipertensi tidak parah sehingga menjadi stroke. Jantung juga demikian. Sehingga tidak memerlukan operasi jantung yang makan biaya besar. Semua itu harus dengan promotif preventif artinya ada penyuluhan-penyuluhan dan pencegahan," kata Sumarjati

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesehatan Modal Utama

Sumarjati berpandangan, kesehatan adalah modal utama dalam pembangunan bangsa. Bila tubuh masyarakatnya sehat, maka kontribusi menjadikan Indonesia lebih baik dapat segera tercapai. 

"Karena kesehatan adalah modal utama pembangunan, semua harus diperhitungkan dampak kesehatannya,” Sumarjati menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS