Sukses

Jokowi: Kartu Prakerja Bukan untuk Pengangguran

Jokowi menjelaskan, kartu prakerja diperuntukan untuk para lulusan SMA, SMK yang akan diberikan pelatihan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (capres) nomer urut 01 Jokowi menghadiri Festival Satu Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (10/3/2019).

Dalam acara yang banyak dihadiri oleh anak muda itu, Jokowi mengenalkan beberapa kartu sakti yang akan dikeluarkan jika terpilih kembali.

Salah satunya yaitu yang dipamerkan Jokowi yaitu kartu prakerja. Dia menepis kabar bahwa kartu tersebut akan diberikan kepada para pengangguran.

"Jadi bukan ngasih kepada yang nganggur. Kartu prakerja, yang kita harapkan bisa masuk ke dunia industri yang kita harapkan. Dan kita tingkatkan terus," kata Jokowi dihadapan para milenials di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Mingggu (10/3/2019). 

Dia menjelaskan kartu tersebut adalah kartu yang diperuntukan untuk para lulusan SMA, SMK yang akan diberikan pelatihan. Sehingga setelah sudah mendapatkan pelatihan kata dia, diharapkan bisa mendapat pekerjaan.

Namun Jokowi menjelaskan jika para lulusan SMA, SMK belum mendapatkan pekerjaan, ada insentif yang didapat mereka. "Ada insentif tapi dalam kurun waktu tertentu. Memacu supaya pemegang ini bisa dapat kerja," kata Jokowi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelanjutan Kartu Indonesia Pintar

Tidak hanya menjelaskan kegunaan kartu prakerja, Jokowi juga menjelaskan soal kartu KIP Kuliah. Menurutnya, program itu melanjutkan program KIP untuk SD, SMP, dan SMA.

Berbeda dengan KJP uang sudah diluncurkan pada periode pemerintahan saat ini, KIP Kuliah akan diberikan untuk para mahasiswa.

"Ini mengingatkan saya, ketakutan masih kecil apa saya bisa kuliah atau tidak kuliah. Ini jawaban kita semua. Ini untuk maupun kuliah di luar negeri, institut," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

 

Saksikan Video Pilihan Barikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Merdeka.com