Sukses

Ma'ruf Amin: Dukungan FBR Bukti Jokowi Peduli dengan Masyarakat Betawi

Dukungan di Pilpres 2019 adalah bentuk apresiasi FBR terhadap Jokowi yang selalu mendukung masyarakat Betawi.

Liputan6.com, Jakarta - Forum Betawi Rempug (FBR) mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Selain memandang Jokowi peduli dengan mereka, FBR mengaku kecewa dengan kepemimpinan Sandiaga Uno saat menjadi Wakil Gubernur DKI.

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin mengatakan, sudah sedari awal merasa yakin Jokowi akan didukung warga Betawi. Alasannya, Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI telah mengeluarkan kebijakan yang memberi ruang untuk suku yang mayoritas berada di Ibu Kota itu.

"Saya kira kalau Betawi itu pasti mendukung Pak Jokowi, karena banyak langkah-langkah Pak Jokowi itu menurut mereka yang menjunjung tinggi kebetawian. Membangun sanggar Betawi, membangun masjid di Jakarta Barat (dengan) ornamen Betawi, terus memasyarakatkan baju Sadariah setiap Jumat di Pemprov DKI. Itu yang memulai kan Pak Jokowi," ucap Ma'ruf di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/3/2019).

Dia menuturkan, apa yang diberikan FBR melalui dukungan di Pilpres 2019 adalah bentuk apresiasi terhadap Jokowi yang selalu memberikan dukungan untuk masyarakat Betawi.

"Pokoknya banyak yang dilakukan oleh Pak Jokowi mengenai menjunjung tinggi budaya-budaya Betawi. Karena itu dia ingin memberikan apresiasi pada Pak Jokowi dengan dukungan," tutur Ma'ruf.

Dia pun menyebut bahwa hari ini bahkan ada deklarasi dukungan FBR terhadap pasangan calon nomor urut 01 di Jakarta Barat.

"Dan hari ini di Jakarta Barat ada deklarasi," pungkas Ma'ruf.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Deklarasi FBR

Organisasi massa Forum Betawi Rempug (FBR) mendukung pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin. FBR pun berencana menggelar deklarasi dukungan tersebut.

Ketua Umum FBR Lutfi Hakim mengaku punya alasan tersendiri hingga pihaknya mendukung Jokowi-Ma’ruf. Menurut Lutfi, Jokowi selama ini dinilai punya kepedulian tinggi terhadap warga Betawi.

"Buat kita orang Betawi, melihat sesuatu dengan simple, logis dan obyektif. Pak Jokowi sangat peduli terhadap masyarakat Betawi," ujar Lutfi saat berkunjung ke kediaman Cawapres MA’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2019).

Kepedulian Jokowi terhadap masyarakat Betawi, kata Lutfi ditunjukkan dalam beberapa hal. Seperti ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi mewajibkan pakaian adat Betawi dipakai karyawan Pemerintah Daerah (Pemda).

Pembangunan Masjid berornamen Betawi pun dipenuhi Jokowi. Serta menata Setu Babakan, kata dia, selesai di era pemerintahan Jokowi.

Saat telah menjadi presiden pun Jokowi menunjukkan kepedulian dengan adat Betawi dari masih memakai pakaian adatnya di acara kenegaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.