Sukses

Jokowi Sudah Siapkan Anggaran untuk Program Baru Jika Terpilih Lagi

Program baru Jokowi yang dimaksud di antaranya Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-Kerja dan KIP Kuliah.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, calon presiden petahana Jokowi telah menyiapkan anggaran untuk program barunya jika kembali terpilih di Pilpres 2019.

Program baru yang dimaksud di antaranya Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-Kerja dan KIP Kuliah.

"Misalnya KIP untuk mahasiswa ini kan baru, selama ini sampai SMA. Anggarannya ada? sudah ada," kata Pramono di kantornya, Senin (25/2/2019).

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini menjelaskan, Jokowi fokus membangun infrastruktur selama empat tahun lebih. Jika kembali terpilih, Jokowi beralih membangun sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran. Melalui KIP Kuliah, Pramono optimis SDM generasi muda Indonesia akan semakin baik.

"Ini prioritas Presiden kalau terpilih lagi untuk bangun SDM," ucapnya.

Selain itu, Pramono yakin Jokowi akan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui Kartu Sembako Murah. Jokowi disebut tidak ingin rakyat Indonesia kesulitan mendapatkan sembako murah.

"Bagi kelompok masyarakat tak mampu ada kartu khusus subsidi harga (sembako). Kalau dilihat dari awal pidato, beliau (Jokowi) tunjukkan bahwa beliau bagian masyarakat susah dan beliau tahu persis apa yang harus dilakukan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pembangunan Desa

Pramono juga menegaskan Jokowi sudah memiliki anggaran untuk pembangunan desa lima tahun ke depan. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 400 triliun.

"Anggaran sudah ada, dana desa sampai Rp 400 triliun akan dialokasikan mulai 2020 sampai 2024. Pasti akan terpenuhi. Lima tahun ini saja sudah Rp 257 triliun, sekarang sudah terbagi Rp 187 triliun," pungkas dia.

Saat berpidato dalam acara Konvensi Rakyat di SICC, Sentul, Jawa Barat, Minggu (24/2), Jokowi pamer sejumlah program baru. Selain Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-Kerja dan KIP Kuliah, Jokowi juga berjanji akan mengembangkan program penitipan anak.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.