Sukses

Ziarah ke Makam Syekh Yusuf, Ma'ruf Amin: Ini Contoh Pahlawan Panutan

Cawapres Ma'ruf Amin berziarah ke makam Syekh Yusuf Al Makassari Al Bantani, di Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin berziarah ke makam Syekh Yusuf Al Makassari Al Bantani, di Makassar. Didampingi istrinya, Wury Estu Handayani, dia langsung mendoakan almarhum dan menabur bunga.

Ma'ruf menceritakan, Syekh Yusuf bukan hanya sekedar tokoh ulama besar semata tapi juga pejuang bangsa.

"Syekh Yusuf seorang ulama pejuang berani dan juga pemimpin tarekat. Jadi pahlawan yang lengkap sekali," kata Ma'ruf, Kamis (21/2/2019).

Dia menilai sosok Syekh Yusuf ini bisa dijadikan contoh bagi semua kalangan.

"Pejuang yang tidak berhenti gitu saja. Sampai dibuang ke Afrika Selatan, beliau tidak takut. Ini contoh pahlawan yang bisa jadi panutan," tukas Ma'ruf Amin.

Perlu diketahui, Pemerintah Afrika Selatan memberikan gelar pahlawan kepada Syekh Yusuf. Hal itu terungkap saat Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma bertemu Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Maret 2017.

Zuma mengatakan, gelar pahlawan diberikan untuk Syekh Yusuf karena ikut berjuang bersama masyarakat Afrika Selatan. Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela bahkan menyebut Syekh Yusuf sebagai 'Salah Seorang Putra Afrika Terbaik'.

Tak hanya di Afrika Selatan, pemerintah Indonesia di era Presiden Soeharto juga telah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Syekh Yusuf pada Agustus 1995.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.