Sukses

KPU Usul Debat Kelima Pilpres pada 9 April 2019

Ketua KPU Arief Budiman mengusulkan perhelatan debat kelima calon Presiden-Wakil Presiden pada Selasa 9 April 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan perhelatan debat kelima calon presiden-wakil presiden pada Selasa 9 April 2019. Hal ini dicetuskan, menyusul jadwal debat pamungkas tersebut belum ditentukan sebelumnya.

"KPU mengusulkan tanggal 9 April," ujar Ketua KPU Arief Budiman usai rapat evaluasi debat kedua di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Menurut Arief, usulan ini sudah disampaikan kepada pihak Tim Kampane Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. Namun demikian, hal tersebut masih dalam tahap diskusi antarkedua belah pihak.

"KPU selalu berdialog membuka ruang diskusi," jelas Arief.

Merunut jadwal, KPU menghelat debat sebanyak lima kali. Sampai saat ini KPU telah melangsungkan dua kali debat. Pada debat perdana dilangsungkan pada 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

KPU melangsungkan debat kedua pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan Jakarta, dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Debat Selanjutnya

Sementara itu, debat ketiga Pilpres 2019 akan dihelat di Hotel Sultan, pada 17 Maret 2019. Tema yang diusung adalah pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Pada debat keempat, berselang sekira dua pekan, KPU akan kembali melangsungkan debat pada 30 Maret 2019, dengan tema ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional.

Pada debat terakhir antara pasangan capres dan cawapres, baru tema yang telah pasti, yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri. Sementara tanggal dan lokasi debat masih menjadi diskusi antara KPU, tim Jokowi, dan tim Prabowo.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.