Sukses

Ulama dan Santri di Jombang Deklarasi Dukung Jokowi 2 Periode

Khofifah berharap dengan hadirnya JKSN menjadi tuntunan warga untuk menentukan pilihan pasangan Jokowi-Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ulama dan santri di Jombang, Jawa Timur yang tergabung dalam Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Kabupaten Jombang mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Deklarasi ini digelar di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (2/1/2019). Alun-alun Jombang pun terisi lautan manusia ibu-ibu Muslimat NU, kiai dan Santri. Mereka kompak mengenakan baju putih.

Turut hadir pula Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Dewan Pengarah Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum JKSN, KH Roziqi dan Sekjen JKSN KH Zahrul Azhar Asad.

Dipimpin KH Roziqi para kiai dan santri menyatakan dukungan, mendeklarasikan setia dan siap memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Kami kiai, santri dan warga Nahdliyyin berikrar bergabung menjadi JKSN dengan komitmen tekad kuat dan berikhtiar sungguh-sungguh. Kami percaya bapak-ibu panjenengan akan ikut memenangkan Bapak Ir H Joko Widodo-KH Maruf Amin,” kata M Roziqi.

Sementara itu, Dewan Penasehat JKSN, KH Asep Saifuddin Chalim mengatakan Jokowi-Ma'ruf sejalan dengan harapan warga Jombang dan latar belakang Nahdlatul Ulama (NU). Kiai Asep menargetkan Jokowi-Amin meraih 90 persen

"Jombang ini lumbung. Kita targetkan dengan semangat yang hadir, Jombang menang 90 persen," ungkap Kiai Asep.

Sementara, Khofifah Indar Parawansa berharap dengan hadirnya JKSN menjadi tuntunan warga untuk menentukan pilihan pasangan Jokowi-Amin. "Saya berharap bahwa Jaringan Kiai Santri menjadikan kita tertuntun, milih presiden jadi tertuntun. Di sana ada Almukarrom KH Ma'ruf," ucap Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijkan Pro Umat

Di tempat yang sama, Ketua Tim Kampanye Nasional, Erick Tohir mengatakan Jokowi telah memiliki banyak kontribusi terhadap Islam. Jokowi banyak memberikan perhatian terhadap santri dan kiai.

"Alhamdulillah kita punya Presiden yang luar biasa. Alhamdulillah juga beliau pak Jokowi tidak hanya seorang presiden, tapi juga figur seorang imam. Beliau itu jelas Islamnya, solatnya rajin, berpuasa dan bisa ngaji," tutur Erick.

Erick juga menjelaskan, kebijakan Jokowi selama 4 tahun menjadi presiden berpihak pada umat. Beberapa kebijakan yang diputuskan, seperti penetapan hari santri, dan beasiswa khusus santri, merupakan beberapa kebijakan Jokowi yang dianggap pro terhadap  umat.    

"Beliau sangat memperhatikan umat, mendeklarasikan hari santri. Saat ini sedang memikirkan UU Pesantren. Beliau juga menyiapkan beasiswa santri yang sekrang sudah berjalan. Ini bukti beliau imam yang baik untuk kita semua," pungkas Erick Thohir.

 

Reporter: Raynaldo Ghiffari Lubabah

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.