Sukses

Ma'ruf Amin: Santri Juga Bisa Jadi Wirausahawan

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menyatakan, program pemberdayaan usahawan atau entrepreneur syariah harus dibentuk agar mendorong geliat pasar ekonomi syariah yang masih tergolong rendah.

"Membangunkan santri untuk melek ekonomi adalah salah satu pemberdayaan umat. Jadi santri tidak semuanya jadi kiai, tapi jadi wirausahawan," kata Ma'ruf di di Gedung Wisma Koperasi Tunas Artha Mandiri (TAM) Syariah, Nganjuk, Jawa Timur, Selasa 22 Januari 2019, malam.

Menurut Ma'ruf ruang ekonomi syariah saat ini sudah tergolong banyak, namun akses dihadirkan belum mengakomodir para pelaku usaha yang bergerak di bidang terkait.

"Maka perlu dibangunkan usahawan yang bersyariah. Santri yang 'membakar' ekonomi syariah supaya pangsa pasar luas," jelas Ma'ruf.

Nantinya program digagas Ma'ruf akan diberi tajuk “Gus Iwan”, Santri Bagus Pintar Ngaji Usahawan. Diharapkan, geliat ekonomi tidak lagi membenturkan antara si kuat dengan si lemah. Namun, mensyinergikan keduanya sehingga disparitas semakin mengecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekonomi Kuat Bangsa Kuat

"Pemberdayaan umat yang paling penting. Apabila ekonomi umat kuat, maka bangsa akan kuat juga," Ma'ruf menandasi.

Perbincangan Ma'ruf seputar ekonomi ini dilangsungkan saat menghadiri Launching produk dagang Kopi Abah dan Dialog Kebangsaan bertema Arus Baru Ekonomi Umat, Masa Depan UMKM dan Koperasi Syariah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.