Sukses

Saat Foto Jan Ethes di Mimbar Debat Capres Buat Semangat Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Debat capres dan cawapres perdana telah digelar pada 17 Januari 2019. Dua pasangan calon baik itu pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin maupun nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga menyampaikan visi misi mereka.

Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah gaya atau ketenangan para calon mengikuti debat yang disiarkan secara langsung itu, seperti Jokowi-Ma'ruf Amin.

Wakil Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Ipang Wahid membeberkan rahasia sikap Jokowi selama mengikuti debat perdana.

Presiden Joko Widodo menemani cucunya Jan Ethes bermain  bumper car di mal Botani Square, Bogor, (8/12). Presiden tampil berkaos hijau dengan celana jins dan sepatu sneakers. sang cucu mengenakan kaos garis-garis. (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Dia bercerita, di sela-sela istirahat debat, Jokowi meminta untuk berswafoto dengan para tokoh-tokoh yang berada di belakang, termasuk dirinya. Menurutnya, ini salah satu cara untuk tetap santai dalam debat.

"Sebenarnya Pak Jokowi tenang-tenang saja. Jadi tugas kita menemani Pak Jokowi, membuat beliau-beliau berdua nyaman. Ice breaking ada beberapa, misalnya tiba-tiba Pak Jokowi bengong-bengong nunggu, 3 menit lagi, beliau bilang, Mas Ipang kita selfie yuk," cerita Ipang saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Presiden Jokowi mengajak sang cucu, Jan Ethes makan soto di Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/3). Presiden datang didampingi Ibu Negara Iriana juga putra pertamanya Gibran Rakabuming serta istrinya Selvi Ananda. (Liputan6.com/Pool/Kris-Biro Pers Setpres)

Dia mengungkapkan, saat rehat Jokowi sempat bertanya dan meminta apa saja yang membuat nyaman dan tidak tegang saat debat.

Lantas dia pun menyodorkan foto cucu Jokowi, Jan Ethes dan gambar wajah tersenyum berwarna kuning.

"Saya bilang saya nyiapin dua. Foto smiley face, satunya lagi foto Jan Ethes. Pak Jokowi ketawa. Saya pilih yang itu (foto cucunya). Ini membantu. Artinya di sela-sela itu, kalau lihat foto cucunya, senyum-senyum sendiri dia. Itu di podium beliau. Pak Ma’ruf saya kasih smiley face," beber Ipang.

2 dari 3 halaman

Gimik Apa Lagi?

Ipang menuturkan, cara ini belum tentu digunakan lagi dalam debat Pilpres 2019 lainnya. Semua tergantung Jokowi-Ma'ruf sendiri.

"Saya tergantung Pak Jokowi. Kalau enggak ampuh kita cari cara lain," kata Ipang.

Dia menegaskan, Jokowi dan Ma'ruf sudah menunjukkan santai dalam berdebat. Walaupun Ma'ruf masih belum serileks Jokowi.

"Kalau Pak Jokowi sangat rileks. Pak Kiai mungkin karena yang pertama, jadi masih tidak serileks seperti yang kita harapkanlah. Tapi, Insyaallah akan lebih baik," kata Ipang.

Dia tak menampik, nantinya akan ada gimik dari pasangan Jokowi-Ma'ruf yang akan dihadirkan.

"Mungkin-mungkin saja. Pak Jokowi ini kan ide-idenya banyak. Misalnya Pak Jokowi mau salam satu jempol, nanti kan kita tinggal mengarahkan saja," pungkas Ipang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sempat Ditangkap, Pemred Rappler Filipina Dibebaskan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pengacara Minta Jokowi Hapus Syarat Teken Setia Pancasila untuk Abu Bakar Baasyir
Artikel Selanjutnya
Cawapres Ma'ruf Amin Siap Hadapi Debat Kedua Tanpa Kisi-Kisi