Sukses

Jokowi-Ma'ruf Kuasai Pembicaraan di Medsos saat Debat Capres Sebesar 55 Persen

Politicawave mencatat Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82 persen dan sentimen negatif sebesar 18 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Survey media sosial Politicawave menyebut pasangan kapres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf lebih menguasai percakapan di media sosial saat debat pilpres perdana 2019, Kamis 17 Januari 2019. 

"Secara keseluruhan, paslon nomor 01 mendominasi percakapan warganet dengan jumlah percakapan sebesar 55 persen, berbanding 45 persen dengan pasangan capres cawapres 02, Prabowo-Sandiaga Uno," ujar Peneliti medsos dari Politicawave Yose Rizal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/1/2019).

Dalam percakapan tersebut, Yose Rizal juga menganalisa sentimen komentar warganet di media sosial terkait kedua paslon tersebut.

Yose menyebut, paslon Jokowi-Ma'ruf meraup presentase sentimen positif sebesar 82 persen dan sentimen negatif sebesar 18 persen.

Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 76 persen sentimen positif dan 24 persen sentimen negatif.

Berdasarkan data yang diterima, paslon Jokowi-Ma'ruf menguasai seluruh segmen dalam debat perdana. Yose juga menambahkan, pada saat segmen 2 yang sedang membahas tema Hukum dan HAM, Jokowi-Ma'ruf meraih sentimen posifif sebesar 88 persen.

"Jokowi-Ma'ruf meraih percakapan positif terbesar di segmen 2 dikarenakan pernyataan Jokowi terhadap Prabowo untuk tidak menuduh atau menyebarkan berita hoax," tambah Yose Rizal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Debat Selanjutnya

KPU menggelar debat capres sebanyak lima kali. Debat perdana telah berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Untuk debat kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019 du Hotel Sultan, Jakarta. Ajang adu gagasan itu akan diikuti Jokowi dan Prabowo saja. Tema yang dibahas adalah Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Infrastruktur.

Selang sebulan, debat ketiga akan digelar. Kali ini debat diikuti oleh cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat ini akan membahas tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Debat digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

Untuk debat keempat akan digelar pada 30 Maret 2019. Debat akan diikuti Jokowi dan Prabowo. Tema debat Ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat akan digelar di Balai Sudirman, Jakarta.

Terakhir, debat kelima akan dilangsungkan pada awal April 2019 dengan tanggal yang belum ditentukan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Debat Pilpres