Sukses

Aliansi Kiai Kampung Madura Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Akma menegaskan, selain memberikan dukungan penuh, mereka pun siap mengawal dan mengamankan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf.

Liputan6.com, Jakarta - Aliansi Kiai Kampung Madura (Akma) yang terdiri dari sejumlah kiai dan alim ulama dari beberapa kampung di Madura, Jawa Timur menyambangi kediaman calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin di Jakarta.

Kedatangan mereka tak lain untuk mendeklarasikan dukungan Akma kepada Paslon 01, Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Kami Aliansi Kiai Kampung Madura yang disingkat dengan Akma, menyampaikan pernyataan sikap mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin," ujar salah satu deklarator, Subhan Effendy di kediaman Ma'ruf Amin, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Akma menegaskan, selain memberikan dukungan penuh, mereka pun siap mengawal dan mengamankan perolehan suara capres-cawapres 01.

Selain itu, Akma mengaku juga akan mengembangkan ekonomi syariah bila Ma’ruf Amin terpilih sebagai wakil presiden periode 2019-2024.

Dalam sambutannya, Ma'ruf turut mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut. Menurutnya, hal ini sangat penting dalam pemenangan Paslon 01 di Pilpres 2019.

"Deklarasi ini menambah jumlah dukungan yang selama ini mengalir. Dan ini kiai kampung dari Madura, yang memang punya potensi karena mereka langsung berhadapan dengan rakyat di Madura," jelas Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Terus Mengalir

Sebelumnya, sekitar 3.000 warga Kadungora, Garut, Jawa Barat yang tergabung dalam Relawan Kemenangan (Rekan) Desa, se-Jabar selatan, siap memenangkan pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin, pada Pilpres 17 April mendatang.

Koordinator Rekan Desa Jabar Selatan Hamzah Fauzi Nur Amin mengatakan, deklarasi dukungan pemenangan bagi Jokowi-Maruf, merupakan inisiatif warga yang diakomodasi tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin.

"Intinya selain menang, kami ingin menyambut pemilu ini dengan ceria, bahagia, dan suka cita tanpa harus saling menjelekkan," ujarnya selepas deklarasi, Minggu (13/1/2019).

Di kawasan Situ (danau) Kole, Kaki Gunung Mandalawangi, Desa Mandalasari, Kadungora, Garut, ribuan masyarakat nampak ceria menggelar ragam kegiatan hiburan tradisional.

Selain itu, ratusan orang yang tergabung dalam Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Deklarasi digelar di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu siang.

"Pastikan dukungan untuk Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin, bismillahirrahmanirrahim," ujar Ketua PPPI Rizki Budimansyah saat deklarasi, Minggu (13/1/2019).

Acara tersebut digelar sekaligus dalam rangka mendeklarasikan berdirinya PPPI sebagai organisasi yang menampung aspirasi masyarakat penerbangan. Deklarasi ini juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Hadir pula penyanyi Vina Panduwinata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.