Sukses

Jokowi: Saya Tak Punya Beban Masa Lalu, Jadi Lebih Enak Bekerja

Jokowi mempersilahkan Prabowo melapor ke penegak hukum bila ada pejabat di pemerintahannya yang melakuan penyimpangan.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertanya kepada pasangan calon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf terkait bagaimana meyakinkan publik bahwa jajarannya di pemerintahan tidak memilik kepentingan pribadi.

Pertanyaan itu langsung dijawab oleh capres petahana Jokowi. Dia menyebut dirinya bekerja sebagai presiden tanpa beban masa lalu.

"Pertama yang saya mulai, saya ini tidak memiliki beban masa lalu. Sehingga lebih enak bekerja dan perintah-perintah,” kata Jokowi dalam forum debat Pilpres di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019).

Jokowi pun mempersilahkan Prabowo untuk melaporkan bila ada menteri atau pejabat di pemerintahannya yang melakuan penyimpangan dan dianggap memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi.

"Kalau memang ada punya bukti kuat, jalani saja mekanisme hukum , laporkan saja ke polisi, KPK, dan Kejaksaan. Tapi pemerintah ingin semua mudah, sederhana," kata Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Online Single Submission

Jokowi pun mencontohkan salah satu upaya pemerintah yaitu dengan mempermudah izin sistem Online Single Submission (OSS) atau Pelayanan Perizinan Usaha Terintegrasi secara Elektronik.

"Dulu izin bertahun-tahun, sekarang datang ke online single submition, tunggu 2 jam,  izin keluar. Ini kita lakukan untuk sederhana kan sistem. Ada keterbukaan disitu, manajemen kontrol ada  di situ," Jokowi menandaskan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Debat Pilpres