Sukses

Persiapan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Capres Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, debat capres dan cawapres perdana akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat perdana yang diusung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ini adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Kedua pasangan pun tak henti melakukan berbagai persiapan jelang debat capres dan cawapres. Baik itu Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma'ruf pun meminta wejangan dari mentor pilihannya yaitu Jusuf Kalla atau JK. Sedangkan Prabowo-Sandiaga, rutin menyambangi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Jokowi nampak lebih santai. Bahkan pada Selasa, 15 Januari 2019, ia mengumpulkan para ketua umum partai politik pengusungnya untuk makan malam bersama. Sedangkan Sandiaga, memilih untuk melakukan olahraga rutinnya.

Berikut persiapan lain yang dilakukan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga jelang debat capres dan cawapres dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

1. Bicara Sesuai Data dan Yakin Siap

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghdapi debat capres dan cawapres perdana Kamis 17 Januari besok.

Dia mengatakan telah mempersiapkan materi-materi yang akan dipaparkannya sesuai tema debat perdana yaitu HAM, hukum, korupsi dan terorisme.

"Ya kita datang saja, datang sesuai dengan materi. Marerinya hukum, materinya HAM materinya terorisme, dan korupsi. Ya sudah," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.

Jokowi enggan mengungkapkan materi apa yang difokuskannya untuk menghadapi debat Pilpres. Namun, dia memastikan akan menyampaikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.

"Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga yakin jika pasangannya Ma'ruf Amin siap menghadapi debat capres dan cawapres perdana ini.

Jokowi mengatakan, Ma'ruf adalah seorang pendakwah sehingga terbiasa berbicara di depan banyak orang.

"Pak Kiai (Ma'ruf Amin) kan setiap hari memberikan kultum, memberikan tausiyah, memberikan khotbah," kata Jokowi.

Jokowi enggan menjawab saat ditanya apakah dirinya telah melakukan latihan atau simulasi debat bersama Ma'ruf Amin. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut telah mempersiapkan data dan fakta terkait materi debat Pilpres.

"Tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data. Ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana kedepan seperti apa. Yang penting kan itu," jelas Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

2. Diskusi dengan Pakar dan Latihan Debat

Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno justru masih aktif berdiskusi bersama pakar dan melakukan latihan debat.

Latihan debat dilakukan dengan mantan pimpinan KPK yakni Bambang Widjayanto dan Busyro Muqoddas.

"Pak Prabowo hari ini masih berdiskusi dan mendengarkan masukan dari beberapa ahli seperti Bambang Widjayanto, Busyro Muqoddas," kata jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Azhar Simanjuntak saat dihubungi, Rabu, 16 Januari 2019.

Menurut Dahnil, pertemuan dengan Bambang dan Busyro untuk membahas berbagai tema, tidak hanya korupsi saja. "Terkait dengan masalah penegakan hukum, korupsi, HAM dan Terorisme," katanya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ini Peringatan Prabowo untuk Bangsa Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sekjen PDIP: Jokowi-Ma'ruf Siap Lahir Batin Hadapi Debat
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Kubu Jokowi dan Prabowo Siapkan Amunisi, Debat Capres Bakal Panas?