Sukses

Ketua KPU: Kotak Suara Kardus 100 Persen Siap Didistribusikan

KPU sudah mempertimbangkan berbagai macam aspek memutuskan penggunaan kardus sebagi kotak suara.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengaku, pihaknya sudah siap 100 persen untuk mendistribusikan kotak suara yang terbuat dari kardus ke setiap daerah. Kotak suara tersebut sampai saat ini masih menjadi sebuah polemik.

"Sudah siap, tadi saya sudah presentasikan, produksi kardus (kotak suara) sudah 100 persen, distribusi sudah 100 persen jadi sudah selesai semua, untuk bilik itu sebenarnya beberapa hari yang lalu 98,8 persen, kemungkinan bikin sudah diproduksi 100 persen hari ini, tentu kita sudah siap," kata Arief di KPU, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Menurut Arief, pihaknya akan segera mengganti bila diketemukan kotak suara dalam kondisi rusak. Dia menambahkan, KPU sudah mempertimbangkan berbagai macam aspek memutuskan penggunaan kardus sebagi kotak suara.

"Macem-macem (pertimbangan), yah penghematan anggaran, kemudahan distribusi, kemudahan menyimpan, kemudahan merakit untuk bongkar. Dan yang paling penting ramah lingkungan," dia menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Sudah Mempertimbangkan

Arief mengaku sudah sangat mempertimbangkan pemilihan bahan untuk dijadikan kotak suara. Menurutnya, selama pemilu berlangsung tak ada masyarakat yang melakukan perusakan kotak suara.

"Pemilu kita sudah bertahun tahun, enggak ada yang nyobek kotak suaranya. Sudah saya perhitungkan semuanya, makanya saya pilih itu, kamu pikir ketika saya milih itu enggak memperhitungkan banyak hal," terangnya.

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.