Sukses

SBY: Pilpres Panas Bisa Dimaklumi, Tapi Ada Batasannya

Hal serupa juga terjadi di 2009 saat SBY berhadapan dengan Megawati dan JK.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakin dua calon presiden yang maju di Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, sama-sama tahu batasan dalam berpolitik.

"Kalau pemilu di mana-mana memang memanas. Saya kira para elite para pemimpin, Pak Jokowi, Pak Prabowo pasti tahu batasannya," kata SBY di Jalan Mangkubumi, Yogyakarta, Senin malam 10 Desember 2018.

SBY bisa memaklumi jika kontestasi politik menjelang Pilres 2019 berlangsung cukup keras. Namun, itu tetap memiliki batasan dengan mengutamakan kepentingan rakyat.

"Kalau terlalu gaduh, tidak baik," kata SBY.

Seperti saat pencapresan dirinya pada pemilu-pemilu sebelumnya, SBY yakin Pemilu 2019 tetap bisa terkendali, atau tidak melebihi batas kepatutan.

"Bisa, kok, dahulu pada 2004 juga kompetisi keras, saya dengan Bu Megawati, bahkan dengan Pak Amien Rais, Pak Wiranto, dan Pak Hamzah Haz," katanya seperti dikutip Antara.

Hal serupa juga terjadi di 2009 saat dirinya berhadapan dengan Megawati dan JK.

"Tetapi kan pada prinsipnya tidak melebihi kepatutan," kata dia.

Oleh sebab itu, dalam Pilpres 2019, SBY juga berharap Jokowi maupun Prabowo tetap bisa bersaing sehat dengan tidak melebihi kepatutan.

"Insyaallah, pemilu kita damai, jujur, dan adil, peacefull, free, and fair," tutup SBY.  

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.