Sukses

Cerita Jokowi Tanamkan Nilai Agama Sejak Dini pada Cucu

Tak hanya soal agama, mantan Wali Kota Solo ini selalu menekankan pentingnya menjaga sebuah prinsip kepada putra-putrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku selalu menanamkan nilai-nilai agama kepada anak-anaknya. Termasuk kepada sang cucu, Jan Ethes Srinarendra. Menurut dia, nilai agama harus diajarkan sejak dini.

"Berkaitan dengan agama selalu saya tekankan kepada anak-anak sedini mungkin. Seperti kemarin saya ajak Jan Ethes ke masjid untuk Jumatan dengan saya," jelasnya saat berbincang dengan awak media di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018).

Tak hanya soal agama, mantan Wali Kota Solo ini selalu menekankan pentingnya menjaga sebuah prinsip kepada putra-putrinya.

"Saya galak banget untuk hal-hal yang prinsip. Contoh waktu mereka masih sekolah semuanya, harus belajar," ucap dia.

Jokowi melanjutkan, dia bersyukur saat ini anak-anaknya bisa hidup mandiri. Putra sulung, Gibran Rakabuming Raka sudah mengekspansi bisnis martabak sampai ke pelbagai daerah di Tanah Air. Demikian dengan Kaesang Pangarep, telah membuka 45 cabang bisnis pisang di Indonesia.

"Yang penting mandiri, tanggung jawab sendiri-sendiri, bekerja sendiri-sendiri. Artinya saya sudah enggak mikir mereka harus dicarikan pekerjaan apa. Sama sekali enggak," ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka menambahkan, Jokowi selalu mengajarkan anaknya untuk hidup mandiri. Kendati demikian, sang ayah tidak pernah memaksa mereka untuk bergelut di bidang tertentu.

"Kita lebih ditekankan untuk mandiri, bebas tapi tetap sesuai prinsip-prinsip yang ditentukan oleh bapak," jelas dia.

 

Reporter: Supriatin

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.