Sukses

Wacana Gaji Guru Rp 20 Juta, Sandiaga Fokus ke Kualitas Pendidikan

Sandiaga menyoroti lulusan sekolah kejuruan yang saat ini menempati jumlah pengangguran tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Usulan kenaikan gaji guru hingga Rp 20 juta oleh Kader PKS Mardadi Ali Sera, diluruskan Calon Wakil Presiden nomer 02 Sandiaga Uno. Menurut dia, apa yang disampaikan salah seorang tim suksesnya itu adalah pemikiran dan harapan untuk kesejahteraan guru yang lebih baik.

"Ini kan harapan kalau pemikiran kita adalah peningkatan kesejahteraan guru, khususnya peningkatan status untuk guru yang honorer," jelas Sandiaga usai mengisi diskusi ekonomi di Epicentrum, Kuningan, Kamis (22/11/2018).

Ketimbang membahas gaji, lanjut Sandiaga, dia lebih melihat bagaimana ke depan sistem pendidikan Indonesia bisa lebih ditingkatkan. Hal ini merujuk pada kualitas guru, dan juga lulusan pelajar yang dicetak sekolah, khususnya sekolah kejuruan.

"Isu pertama dari sistem pendidikan kita meningkatkan kualitas daripada guru, meningkatkan fasilitas pendidikan dan memastikan apa yg dijanjikan untuk revitalisasi SMK, revitalisasi sekolah khusus advokasi itu terjadi," pandang dia.

Mantan wagub DKI ini menilai, lulusan sekolah kejuruan saat ini menempati jumlah pengangguran cukup tinggi. Dia berharap, ke depan lulusan kejuruan bisa terkoneksi dengan sistem pemagangan yang umumnya diterapkan di negara maju seperti di Amerika dan Eropa.

"Nanti kita akan jalankan juga dimana dunia usaha memiliki link and match dengan program berbasis vokasi maupun universitas," Sandiaga menyudahi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Pembangunan Bung Karno

Sebelumnya, Sandiaga Uno menghadiri wisuda mahasiswa Universitas Bung Karno, Jakarta. Ada tiga poin yang dipaparkan Sandiaga terhadap konsep pembangunan bangsa di zaman Presiden Sukarno.

Menurut Sandiaga, apa ditorehkan Sang Proklamator tersebut masih relevan hingga saat ini.

"Pertama adalah kemerdekaan, itu beliau perjuangan sejak muda, Indonesia ini cocok untuk kaum muda, cocok untuk milenial karena milenial dan kaum muda sangat menghargai kebebasan yang independen," kata Sandiaga dalam pidato kelulusan Universitas Bung Karno, Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Kedua, kemandirian yang diciptakan Bung Karno adalah esensi dalam pembangunan bangsa di bidang ekonomi yang berdikari.

"Jadi gagasan ekonomi ini amat serius dikembangkan oleh Bung Karno, yakni berdiri di atas kaki sendiri, berdikari," tutur Sandiaga.

Terakhir, menurut Sandiaga, Bung Karno adalah pencipta inovasi paling relevan. Buah pemikirannya bisa terus dirasakan, khususnya dalam pembangunan Jakarta, sebagai Ibu Kota.

"Melihat ide-ide Bung Karno dalam penataan kota Jakarta sampai sekarang masih sangat relevan, menerapkan inovasi dalam penataan kota pembangunan Ibu Kota. Dan saya lihat poin-poin ini sangat pas untuk anak muda milenial zaman sekarang," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.