Sukses

Parpol Kubu Prabowo Kumpul Bahas Keseriusan Demokrat di Koalisi

Hinca mengibaratkan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti tokoh wayang yang muncul di menit-menit terakhir sebagai pahlawan.

Liputan6.com, Jakarta - Para Sekjen Partai Koalisi Adil dan Makmur melakukan pertemuan di Jalan Daksa No I, Kawasan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018) malam. Pertemuan itu untuk meluruskan kabar soal Demokrat yang setengah hati berkampanye untuk Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan pihaknya secara intensif aru akan berkampanye untuk Prabowo-Sandi pada Maret 2019 mendatang. Alasannya Pihak Demokrat ingin fokus lebih dulu memenangkan Pileg di 2019 mendatang.

"Pertama, kampanye ini waktunya panjang sekali 7 bulan. Dan sekarang baru 2 bulan pertama kita lewati. Masih ada lima bulan lagi. Jika teman teman mengikuti lalu laku, kampanye praktis 45 hari kalau kita hitung," kata Hinca saat jumpa pers di lokasi. 

Selain itu, Hinca mengibaratkan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seperti tokoh wayang yang muncul di menit-menit terakhir sebagai pahlawan. Demokrat yakin stateginya tepat sasaran. 

"Jadi kalau jagoannya muncul di akhir. Di depannya kami-kami dulu lah. Jadi biarkan Pak SBY muncul pada saat yang tepat. Hitung-hitungan kami Maret itu. Karena itu mulai dari sekarang dan seterusnya kami siapkan. Jadi lakonnya itu kita siapkan itu lakonnya yang muncul belakangan," tuturnya. 

Kemudian, Demokrat terus berkoordinasi dengan koalisi untuk memastikan bagaimana teritori masing masing partai untuk memperkuat basis kampanye Prabowo-Sandi. Dia menekankan, Demokrat serius memenangkan Prabowo-Sandi. 

"Kalau ada yg tanya apakah ini setengah hati, enggak, ini bulat hati. Sekali kami teken bersama sama, sekali kami pergi ke KPU ,sampai selesai pertarungan ini solid ke Prabowo-Sandi," ucap Hinca. 

Partai berlogo Mercy itu juga mendorong supaya semua partai koalisi kuat untuk mengusung dan menuntaskan kerja keras memenangkan Prabowo-Sandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBY Keliling Jawa

Hinca mengatakan sampai akhir November ini, SBY akan kembali bersafari keliling pulau Jawa memastikan mesin partai Demokrat siap dan solid. Ini sebagai bekal kampanye Pilpres bulan Maret, agar mesin partai lebih segar dan tuntas memenangkan Pilpres. 

"Kami kerja keras sama sama. Tidak usah ditanya lagi lah, kan strategi nggak usah diumbar umbar ya. Yang penting kami jalan dan kami yakin akan memainkan peran ini," ucap Hinca. 

Lebih lanjut, Demokrat masih menyusun jadwal apakah Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bakal berkampanye bersama Sandi lebih dulu, sebelum SBY ikut turun di bulan Maret mengampuni Prabowo-Sandi. 

"Untuk Mas AHY dan Mas Sandi keliling bersama komunikasi ini terus kami lakukan agar tepat waktunya, tepat sasarannya, tepat tempatnya, karena itu komunikasi tentang itu jalan terus agar semuanya makin baik, tenang aja kita akan beritahu," tuturnya. 

Demokrat juga akan membahas bersama koalisi soal teknis SBY mengkampanyekan Prabowo-Sandi. "Untuk teknis nanti kita desain bersama sama, tapi prinsipnya Pak SBY turun all out," tandas dia. 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.