Sukses

Survei LSI Denny JA: Imbauan Ustaz Somad Paling Didengar

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman menyatakan ulama merupakan profesi paling kuat pengaruhnya terhadap masyarakat dibanding tokoh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman menyatakan ulama merupakan profesi paling kuat pengaruhnya terhadap masyarakat dibanding tokoh lainnya seperti politikus atau pengusaha.

Hasil survei mengungkapkan, ada lima ulama yang dianggap paling berpengaruh. Mereka adalah Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansyur, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Rizieq Syihab.

"Mereka yang mendengar imbauan Ustaz Somad sebesar 30,2%. Ustaz Somad adalah ulama yang paling didengar suaranya atau imbauannya dari kelima tokoh tersebut atau paling didengar suaranya dari semua tokoh ulama," Katanya di Kantor LSI, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Sementara tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab berada di peringkat kelima atau peringkat terakhir ulama berpengaruh versi LSI Denny JA.

Pengaruh ustaz Arifin Ilham sebesar 25,9%, Ustaz Yusuf Mansyur 24,9%, dan Ustaz Aa Gym yang pengaruhnya sebesar 23,5%.

"Mereka yang menyatakan mendengar imbauan Rizieq sebesar 17,0%," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rizieq Shihab Menurun

Menurut Ikrama, Rizieq Shihab ketokohannya mulai menurun jika dibandingkan dengan survei yang sama dilakukan oleh LSI Denny JA dua tahun yang lalu. Dari data sebelumnya, pada Desember 2016, masyarakat yang mendengar imbauan Habib Rizieq sebesar 31,4%.

"Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Rizieq Syihab berkurang signifikan," Tegas dia.

Adapun survei dilakukan pada periode 10-19 Oktober 2018 terhadap 1.200 responden di 34 Provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling.

Margin of error survei 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.