Sukses

Jokowi Sebut Bandung Paling Siap Jadi Creative Hub

Pemerintah terus memperbaiki dan mengurangi regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan industri kreatif maupun ekonomi digital.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Kota Bandung adalah kawasan yang merupakan pusat penghubung kreativitas atau creative hub paling siap di Indonesia.

"Semuanya ada, content creator ada, kreatif ada. Terbuka betul, bahwa merespons perubahan global kita ini, tidak ketinggalan," ungkap Jokowi saat bertemu masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, Bandung Creative City Forum (BCCF), Sabtu (10/11/2018) malam.

Menurut Jokowi, untuk mendorong kreativitas itu dibutuhkan ekosistem untuk perkembangan yang baik. Pemerintah juga terus memperbaiki dan mengurangi regulasi yang berpotensi menghambat perkembangan industri kreatif maupun ekonomi digital.

"Saya selalu menyampaikan ke menteri, jangan buat aturan yang aneh-aneh yang berkaitan dengan digital economy, yang berkaitan dengan industri kreatif. Kalau sudah diminta betul oleh pelaku-pelaku baru munculkan," tegas Jokowi seperti dikutip dari Antara.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan dunia saat ini sedang berubah dengan cepatnya memasuki revolusi industri ke empat. Perkembangan iptek dan teknologi komunikasi serta dunia digital selalu bermunculan setiap saat.

"Sehingga, sekali lagi saya ingin mengatakan selamat datang industri kreatif, industri digital, digital economy di negara kita yang sudah disambut secara cepat oleh Bandung," jelas Jokowi.

Capres 01 ini kemudian melakukan diskusi terbuka bersama sejumlah pegiat karya seni, pengembang usaha rintisan atau start up dan pembangun ekonomi digital di BCCF. Dia juga melihat beberapa karya seni yang diciptakan pemuda-pemudi Bandung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menemui Barista

Sabtu malam, Jokowi menemui sejumlah masyarakat kreatif di Simpul Space Bandung Creative City Forum, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat. Jokowi didampingi oleh Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Agus Gumiwang serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi tiba pada pukul 19.47 WIB lalu melihat beberapa karya seni yang dipajang di ruangan. Dalam acara itu Jokowi mengenakan kemeja berwarna putih dan disambut oleh Ketua BCCF Tita Larasati.

Ruangan di Simpul Space itu dihiasi beberapa pameran karya seni dan paparan mengenai instalasi seni. Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menemui barista yang membuka kedai kopi di tempat itu. Acara itu juga diikuti oleh start up dan pengusaha muda yang mengembangkan ekonomi digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.