Sukses

Gerindra: Wajar PKS Inginkan Coattail Effect Sandiaga

PKS meminta kadernya terus mengoptimalkan kampanye dan dukungan terhadap Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta kadernya terus mengoptimalkan kampanye dan dukungan terhadap Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno di Pilpres 2019.

Juru Bicara Prabowo-Sandi, Andre Rosiade memandang instruksi tersebut agar PKS meraih coattail effect atau pengaruh elektoral di Pemilu 2019. 

"Saya rasa sih wajar saja ya. Bang Sandi itu kan tidak punya partai alias non partisan, tentu PKS maupun yang lain tentu berharap coattail effect dari Bang Sandi ya. Itu hal yang lumrah saja partai partai ngarep coattail effect dari Bang Sandi," katanya, Senin, (22/10/2018).

Andre menuturkan, partai pengusung Prabowo-Sandi seperti PKS, Demokrat, PAN, Demokrat dan Berkarya akan sulit mendapat coat tail effect dari Prabowo Subianto yang sudah melekat ke Gerindra. Maka dari itu, figur Sandiaga dimanfaatkan partai politik pengusung. 

"Kalau Pak Prabowo kan sulit, Prabowo kan ketua umum partai Gerindra, ketua dewan pembina Gerindra, sehingga ya coattail effect Pak Prabowo kebanyakan jatuh ke Gerindra. Mungkin itu pertimbangan pertimbangan partai, sehingga mereka mengincar coattail effect dari Bang Sandi," tuturnya. 

Politikus Gerindra itu tak ingin mencampuri urusan internal politik PKS. Baginya, PKS sudah berkomitmen memenangkan Prabowo-Sandiaga dalam laga Pilpres 2019. Hal tersebut juga tidak menganggu kekompakan koalisi Adil Makmur. 

"Yang penting kita bekerja saja, fokus untuk memenangkan suara rakyat. apakah Pak Prabowo ataupun Bang Sandi yang diajak (partai untuk kampanye), kan sama saja, yang penting Prabowo-Sandi," pungkas Caleg DPR RI asal Sumatera Barat tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Benarkan

Sebelumnya, PKS meminta kepada seluruh kadernya untuk terus mengoptimalkan kampanye terhadap Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno di Pilpres 2019.

Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman melalui surat edaran Nomor 05/D/EDR/DPP PKS/2018.

Dalam surat yang dikeluarkan pada tanggal 17 September 2018 tertulis semua kader dari Fraksi PKS harus menginisiasi untuk memenangan Sandiaga di Pilpres 2019. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan coattail effect bagi PKS.

Para anggota fraksi juga diharuskan mengkoordinasikan jadwal kampanye ke Direktur Pencapresan PKS, Mardani Ali Sera.

"Memang ada surat edaran itu. Bukan berarti belum dilakukan kampanye pileg dan pilpres. Itu hanya menegaskan, menguatkan, jadi kebijakan dasarnya kita, PKS mendukung Prabowo-Sandi sebagai capres-cawapres," kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Hidayat mengatakan, keberadaan surat tersebut hanya untuk penguatan dan singkronisasi kampanye Pilpres 2019. Sandiaga dipilih sebagai fokus PKS, kata Hidayat, karena lebih sering turun ke lapangan dan menyapa masyarakat Indonesia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.