Sukses

Ma'ruf Amin Sebut Esemka Bisa Jadi Mobil Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyambut baik akan diproduksinya mobil Esemka. Menurut pendamping Jokowi di Pilpres 2019 ini, Esemka akan menjadi mobil nasional (mobnas).

"Saya kira bagus saja. Mobnas (ini) ya," ucap Ma'ruf di Yogyakarta, Minggu (14/10/2018).

Ma'ruf menyatakan, sudah waktunya Indonesia meluncurkan kendaraan roda empat milik sendiri. "Memang seharusnya kita punya Mobnas," kata Ma'ruf Amin.

Esemka merupakan merek mobil buatan Indonesia yang melambungkan nama Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kini Esemka sudah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

 

2 dari 3 halaman

Laik Jalan

Menurut Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida, setidaknya ada delapan tipe mobil Esemka yang sudah dilakukan pengujian di BPLI-SKB dan waktu pengujiannya berbeda-beda.

Caroline mengatakan, BPLI-SKB sudah memberikan lulus uji tipe pada lima mobil Esemka pada Februari dan Maret 2016, yaitu Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T.

"Tiga lagi mohon menjadi info ter-update, mobil barangnya dua, Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 L (4×2) MT, sedangkan mobil penumpang satu yaitu tipe Garuda 2.0 (4×4) MT. Total ada delapan (ditambah hasil uji di 2016),” ujar Caroline.

Caroline menyatakan, delapan tipe mobil Esemka ini sudah dilakukan pegujian dan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kemenhub.

"Kalau sudah dapat SUT mereka bisa memproduksi secara massal. Itu tergantung pabrikan (kapan produksi) kalau mereka sudah siap bahan komponen mungkin cepat, saya engga tahu. Kami hanya uji," terang Caroline.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Esemka
Artikel Selanjutnya
Jokowi Akan Peringati Hari Santri Nasional 2018 Bertabur Hadiah Wah di Sidoarjo
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin: Jangan Politisasi Agama di Pilpres 2019, Jualan Program Saja