Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Alasan Yenny Wahid Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Putri mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid, mendukung pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Yenny mengungkapkan, menjatuhkan pilihan ke Jokowi-Ma'ruf Amin setelah melalui proses panjang. Menurut dia, proses pengambilan keputusan melibatkan dua proses besar. Pertama, mengolah muatan rasional yang terkandung dalam visi misi cawapres. Lalu yang kedua adalah olah spritual.

"Kita lihat, kita cermati," ujar Yenny Wahid, Rabu (26/9/2018).

Selain itu, ia juga berkonsultasi dengan sembilan kiai. Yenny juga mengaku mengambil keputusan dengan merujuk pada sosok sang ayah, Gus Dur.

"Setelah genap, sudah masuk semua hasilnya sesuai dengan hasil riyadoh rasional yang kita lakukan, keputusan ini bulat," ungkap dia.

Yenny pun mengisahkan kehidupan keluarganya yang penuh kesederhanaan. "Bapak dan Mama hijrah ke pinggiran selatan kota Jakarta. Rumah kami waktu itu letaknya terpencil. Sering kami berangkat sekolah dengan sepatu yang dibungkus plastik karena jalan dekat rumah kami berlumpur belum diaspal," dia mengisahkan.

"Menunggu kendaraan di pinggir jalan yang penuh asap knalpot, basah kehujanan di halte bis atau berdiri berjam-jam dalam bis dari Ciganjur, rumah kami, ke Grogol tempat saya menuntut ilmu, adalah cerita ceria hidup saya sehari-hari," Yenny melanjutkan.

Bukannya menyesali, Yenny Wahid justru bersyukur pernah merasakan hidup susah. Karena tanpa itu, kata dia, empati tidak akan terasah. Ia pun senang dididik hidup sederhana, karena dengan bekal itu, posisi dan jabatan tidak akan membuat terlena.

 

2 dari 3 halaman

Pemimpin yang Dicari

Menurut dia, bangsa saat ini sedang susah, karena itu pemimpin yang dicari adalah pemimpin yang mendengar nurani rakyat, tidak berjarak dengan masyarakat, tidak canggung memeluk warga, dan bersama mereka berbaur dan berbagi aroma keringat.

"Pemimpin yang sederhana cara berpikirnya bahwa bangsa ini harus dipenuhi hak dan kebutuhan dasarnya untuk hidup sejahtera," ujar dia.

Oleh karena itu, Yenny bersama sembilan jaringan barikade Gus Dur mendukung Jokowi untuk kembali memimpin Indonesia.

"Pemimpin yang kami pilih menghadirkan keadilan sosial dengan memenuhi kebutuhan dasar bagi mereka yang selama ini tak tersapa. Menghadirkan layanan pendidikan, kesehatan maupun akses konektivitas bagi mereka yang dulunya tak terjamah. Dua-duanya berpikir dan bertindak sederhana, namun kaya dalam karya," tegas Yenny.

3 dari 3 halaman

9 Elemen Barikade Gus Dur

Sikap politik Yenny mewakili sembilan elemen dari kader dan murid Gus Dur. Di antaranya tergabung dalam jaringan Barikade Gus Dur (Barisan Kader Gus Dur), Gatara (Gerakan Kebangkitan Nusantara), dan Forum Kyai Kampung Nusantara (FKKNU).

Juga ada Garis Politik Al Mawardi (GP Al Mawardi), Komunitas Santri Pojokan (KSP), Jaringan Perempuan NKRI (JPN), Millenial Political Movement, Forum Profesional Peduli Bangsa, dan Satuan Mahasiswa Nusantara.

Yenny menjelaskan, mereka akan bergerak dengan segala kreativitas masing-masing untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pesan Cinta Yenny Wahid untuk Suami di Ultah Pernikahan ke-10
Artikel Selanjutnya
Yenny Wahid Bicara Kebaya Kesukaan