Sukses

Soal Burung yang Tidak Terbang di Deklarasi Kampanye Damai, Ini Kata Ma'ruf Amin

Liputan6.com, Jakarta - Burung Merpati calon wakil presiden nomor urut 1, KH Ma’ruf Amin yang tidak terbang saat acara deklarasi kampanye damai di Lapangan Monas menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Kendati terlihat tidak terbang dalam potongan video yang beredar, namun Ma’ruf Amin mengatakan kalau merpati yang ia lepas akhirnya terbang.

"Itu terus terbang kok, cuma kaget dulu," ujar Ma'ruf Amin, usai menghadiri Deklarasi Arus Baru Muslimah di Balai Kartini Jakarta, Minggu, 23 September 2018.

Mengenai kacamata hitam dan sepatu olahraga, Ma'ruf mengatakan memakai kacamata hitam untuk melindungi diri dari panas terik matahari. 

"Maknanya karena panas, menjaga dari panas saja, saya kan bawa kacamata dua," ucap Ma’ruf seperti dilansir dari Antara.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti Aturan

Terkait rencana kegiatan kampanyenya, Ma'ruf mengatakan hal itu diatur oleh tim yang sudah dibentuk. Sementara itu mengenai sanksi kepada para penyebar hoaks, ujaran kebencian, isu SARA dalam masa kampanye, Ma'ruf mengatakan hal itu sudah diatur KPU.

"Saya kira itu ada aturannya, nanti KPU yang memutuskan, caranya bagaimana itu KPU yang tahu," kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu. 

Ma'ruf mengatakan, pihaknya berkomitmen menghindari penyebaran hoaks, isu SARA, ujaran kebencian, politik uang, dan sejenisnya.

"Kita harus menjaga kekompakan, keutuhan, kita boleh ingin menang tapi tidak boleh mengorbankan keutuhan bangsa," katanya pula.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres dan cawapres yaitu pasangan Jokowi-Ma'ruf dengan nomor urut 01 dan pasangan Prabowo-Sandiaga dengan nomor urut 02.  Pemungutan suara Pilpres 2019 akan dilakukan pada 17 April 2019.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin