Sukses

Tim Kampanye: Dukungan Kepala Daerah pada Jokowi Bukan Dibuat-buat

Menurut Wasekjen PDIP ini, dukungan dari kepala daerah itu muncul karena mereka sadar bahwa Jokowi memperhatikan pembangunan infrastruktur di daerahya

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Eriko Sotarduga menegaskan deklarasi dukungan para kepala daerah pada pasangan Jokowi-Ma'ruf tidak sengaja dibuat-buat oleh partai pendukung.

Hal ini terkait deklarasi dukungan sejumlah kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) dan pernyataan Gubernur-Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Kami melihat dukungan kepala daerah itu bukan hal yang dibuat-buat atau dikondisikan, ini kesadaran kepala daerah melihat hasil kinerja Jokowi," kata Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Eriko membantah, dukungan ini sebagai salah satu cara dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK) untuk mendulang suara lebih besar di daerah tersebut. Adanya dukungan itu juga tidak menjamin suara Jokowi-Ma'ruf akan aman di kawasan tersebut.

"Tidak ada satu jaminan pasti setelah kepala daerah menyatakan dukungan lalu masyarakat akan mendukung Jokowi. Tentu ini masalah hati pikiran dan keyakinan. Apakah nanti yang dipilih ini merepresentasikan masyarakat ke depan. Tentu kami tak sejauh itu. Lembaga survei yang akan menunjukkan itu," ucap dia.

Menurut Wasekjen PDIP ini, dukungan dari kepala daerah itu muncul karena mereka sadar bahwa Jokowi memperhatikan pembangunan infrastruktur di daerahya. Di era Jokowi, pembangunan infrastruktur yang mangkrak kini telah rampung.

"Infrastruktur yang sebelumnya belum dituntaskan sekarang sudah hampir dituntaskan," ucap Eriko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Kepala Daerah

Sebelumnya, tujuh kepala daerah yang merupakan bupati dan wali kota di Sumatera Barat menyatakan dukungan terhadap calon presiden Joko Widodo atau Jokowi. Para kepala daerah tersebut pun menandatangani surat pernyataan dukungan.

"Hari ini, ada 7 kepala daerah yang ada di Sumbar menyatakan dukungan," klaim Wakil Ketua Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Abdul Kadir Karding di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Selasa 18 September 2018.

Sekjen PKB itu berharap, dukungan bisa membantu suara Jokowi yang hilang. Pada 2014 lalu, Jokowi kalah telak di Sumatera Barat.

"Dukungan ini kita berharap ke depan merubah peta suara berbalik memenangkan Pak Jokowi," ucap Karding.

Dia menambahkan dukungan tersebut muncul berkat kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama kurang lebih 4 tahun. Dukungan kepala daerah itu merupakan aspirasi masyarakat setempat.

"Dukungan 7 kepala daerah ini adalah impact dari prestasi dan kerja nyata yang dilakukan oleh Pak Jokowi, kepala daerah yang mewakili masyarakat nya itu betul betul menyampaikan aspirasi masyarakatnya nya dan mengapresiasi kerja kerja dari Pak Jokowi," jelas Karding.

Adapun kepala daerah di Sumatera Barat yang mendukung adalah Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.