Sukses

JK: Erick Thohir Harus Banting Setir dari Olahraga untuk Majukan Politik

Pengusaha Erick Thohir menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Erick Thohir menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin. Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jusuf Kalla meminta agar Erick Thohir banting setir dari dunia olahraga dan media untuk bisa mendalami serta memetakan dunia politik.

"Tentu Erick harus banyak belajar tentang perpolitikan juga tentu harus memetakan. Jadi memang Erick harus sedikit banting stir dari olahraga, media, ke bagaimana memajukan politik," kata Jusuf Kalla di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (10/9/2018).

Wakil Presiden yang kerap disapa JK ini meminta kepada Erick Thohir akan bisa memiliki ilmu dasar berkampanye, yaitu membentuk Jokowi-Ma'ruf Amin bisa dikenal masyarakat hingga dipilih.

"Pada dasarnya kampanye itu kan membentuk calon lebih dikenal, kemudian disukai, kemudian dipilih. Itu prinsip pokoknya kampanye. Bagaimana memadukan program pemerintah dengan kemampuan dari calon itu," papar JK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penujukan Erick Thohir

Sebelumnya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memilih pengusaha Erick Thohir sebagai ketua tim kampanye nasional. Erick akan mengkomandoi seluruh sekjen dan mesin partai politik koalisi untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Meski bukan berlatar belakang politisi, Erick Thohir diyakini bakal mampu mengemban tugas ini. Jokowi memilih Erick Thohir sebagai penyeimbang.

"Ya ini kombinasi, ada profesional ada politisi. Campur-campur kan bagus," ungkap Jokowi di rumah Cemara, Jumat 7 September 2018.

Sejumlah pihak meragukan kemampuan Erick Thohir di bidang politik untuk membawa kemenangan bagi Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun Jokowi punya pertimbangan lain.

"Ini bukan urusan berpolitik. Ini urusan manajemen mengelola kampanye," ungkapnya.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Merdeka.com