Sukses

Gubernur Ganjar Pranowo Siap Cuti demi Jokowi

Ganjar merasa punya ikatan dengan Jokowi sebagai sesama kader PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Hal itu diungkapkannya usai dilantik Jokowi sebagai Gubernur Jateng terpilih hasil Pilkada 2018.

"Saya itu diminta atau tidak diminta, saya ini PDI Perjuangan. Partainya sama Pak Jokowi harus dukung. Enggak usah diminta, harus inisiatif," ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ganjar bahkan menyatakan siap mengambil cuti demi mengampanyekan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin. Berdasarkan pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, kepala daerah atau wakil kepala daerah yang jadi timses capres-cawapres harus cuti ketika hendak berkampanye.

"Oke, aku cuti. Enggak apa-apa. Asyik tho," tutur dia.

Mantan anggota DPR RI ini mengatakan, kinerja Pemprov Jateng tidak akan terganggu jika nanti dirinya mengambil cuti kampanye di Pilpres 2019. Sebab, posisinya akan digantikan oleh sang wakil, Taj Yasin Maimoen.

"Nanti, kan, gantian. Kita kan gini, harus tahu diri sebagai politikus partai politik, kapan kita bekerja, kapan kita urusan pemerintahan, rakyat, kapan kampanye. Ini etik," kata Ganjar.

Reporter: Titin Supriyatin 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo