Sukses

Tak Masuk Struktur PAN, Jabatan Sutrisno Bachir Sebagai Ketua KEIN Aman

Selain menjabat Ketua KEIN, Sutrisno Bachir saat ini juga menduduki posisi Ketua Majelis Penasihat PAN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi akan mencopot kader Partai Amanat Nasional (PAN) dari menteri Kabinet Kerja. Satu-satunya menteri yang berasal dari PAN adalah Asman Abnur, yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Alasan rencana pencopotan Asman, yakni PAN memilih mendukung bakal calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Padahal, Jokowi sudah membujuk PAN untuk bergabung dengan Koalisi Kerja, tapi sang Ketua Umum Zulkifli Hasan menolak.

Asman sendiri sudah menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dia menyatakan siap menerima keputusan Jokowi untuk mendepaknya dari Kabinet Kerja. Asman bahkan berencana mengundurkan diri dari Menpan RB sebelum diberhentikan oleh Jokowi.

Berbeda dengan karier Asman di Kabinet Kerja, Soetrisno Bachir yang merupakan kader PAN berada dalam posisi aman.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung memastikan, Soetrisno Bachir tidak akan dicopot dari Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN). Sebab, Soetrisno tidak masuk dalam struktur PAN.

"Dan Pak Soetrisno saya mendengar sendiri Beliau mendukung Pak Jokowi," ucap Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mantan Ketua Umum PAN

Soetrisno pernah menjabat sebagai Ketua Umum PAN untuk periode 2005-2010. Namun, dia tidak masuk dalam struktur harian pengurus PAN. Hanya saja pengusaha itu menduduki posisi Ketua Majelis Penasihat PAN.

Jokowi resmi melantik Soetrisno sebagai Ketua KEIN di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2016.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.