Sukses

KPU: Prabowo-Sandiaga Akan Jalani Tes Kesehatan Selama 12 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, hari ini. Pemeriksaan kesehatan dijadwalkan selama 12 jam. Tapi menurut Ketua KPU Arief Budiman, lama pemeriksaan tergantung dari kondisi kesehatan capres-cawapres.

"Diperkirakan begitu (12 jam). Cuma kan kondisi orang bisa saja berbeda," jelasnya di RSPAD Gatot Soebroto, Senin (13/9/2018).

Tim dokter telah melakukan persiapan sejak pukul 06.00 WIB. Tahap pertama yang harus dilakukan capres-cawapres ialah mengisi formulir dan persiapan pemeriksaan dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB.

"Tapi kalau semua sudah siap, pasangan capres cawapres juga sudah datang bisa saja dimulai lebih cepat," ujar Arief.

Tahapan yang harus dilalui Prabowo-Sandiaga sama dengan tahapan pemeriksaan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sehari sebelumnya. Ruangan dan dokter yang memeriksa juga tetap sama.

Arief mengatakan, evaluasi detil hasil pemeriksaan akan dilakukan tim dokter. KPU hanya memastikan agar tahapan pemeriksaan Prabowo-Sandiaga sesuai jadwal.

2 dari 2 halaman

Bukan Penentu Kelolosan

Hasil tes kesehatan ini bukan penentu utama lolos atau tidaknya pasangan capres-cawapres ke tahap berikutnya. Tes kesehatan hanya salah satu syarat dari sekian banyak syarat yang harus dipenuhi.

"Syarat kesehatan jasmani rohani hanya salah satu dari sekian banyak syarat yang harus dilengkapi," jelasnya.

"Syarat itu kan akumulatif jadi seluruh syarat harus terpenuhi. Di antara salah satu syarat ada yang tak terpenuhi maka bisa dinyatakan tidak memenuhi syarat," sambung Arief.

Hasil tes kesehatan akan disampaikan langsung ke KPU oleh tim dokter. Setelah kedua pasangan calon selesai melakukan pemeriksaan, tim dokter akan melakukan pleno sebelum menyerahkan hasilnya ke KPU.

"Dokter biasanya malam sudah melakukan rapat pleno setelah itu disampaikan pada KPU," tandas Arief.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Ketua DPR Minta Pendukung Capres-Cawapres Berhenti Saling Ejek
Artikel Selanjutnya
Tes Kesehatan di RSPAD, Sandiaga Uno Bergaya Sporty