Sukses

Gerindra: Mahfud MD dan Prabowo Sudah Selesai

Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD masuk dalam daftar calon wakil presiden pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD masuk dalam daftar calon wakil presiden pendamping Jokowi di Pilpres 2019.

Sementara Mahfud sendiri juga pernah menjadi tim sukses Prabowo Subianto - Hatta Rajasa di Pilpres 2014 lalu.

Gerindra pun menanggapi santai jika Mahfud dipinang oleh Jokowi untuk bersama memimpin Indonesia. Bagi Gerindra, hal tersebut juga merupakan kewenangan partai pendukung Jokowi untuk memilih cawapres.

"Itu hak hak sepenuhnya partai-partai pendukung pak Jokowi untuk menentukan siapa calon presidennya. Kami tidak memiliki otoritas untuk memberikan komentar, pokoknya siapapun yang dipilih kami sampaikan selamat," kata Muzani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 16 Juli 2019.

Mahfud sendiri yang juga berpengalaman bidang hukum dinilai menjadi sosok yang berintegritas. Memandang sosok Mahfud seperti itu, Muzani tidak komentar, baginya hubungan Mahfud dengan pihak Prabowo sudah selesai.

"Saya tidak punya komentar, Pak Mahfud itu pernah menjadi ketua Tim Pemenangan Pak Prabowo dan tugas itu sudah selesai dan Pak Mahfud menyatakan sudah selesai, mundur jadi tidak ada lagi masalah," ujar Wakil ketua MPR ini.

Diberitakan, Presiden Joko Widodo sudah mengantongi lima nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di Pilpres 2019. Namun Jokowi masih merahasiakan siapa yang dipilih dari lima nama tersebut.

Nama-nama yang beredar di antaranya, Mahfud MD, Sri Mulyani, Moeldoko, TGB Zainul Majdi dan Muhaimin Iskandar. Namun belum ada kepastian, kapan Jokowi mengumumkan cawapresnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modal Kuat

Pengamat Politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai, kans Mahfud MD tidak bisa dianggap sebelah mata. Menurut dia, mantan Ketua MK itu memiliki figur yang menarik.

"Pertama Mahfud MD punya jam terbang yang tinggi di pemerintahan, track record bagus, sukses story-nya jelas baik di level eksekutif, legislatif dan yudikatif," kata Pangi.

Dia menjelaskan, Mahfud pernah jadi Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur, di legislatif pernah menjabat anggota DPR dan di institusi yudikatif pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Di samping itu, Mahfud juga punya modal suara akar rumput, representasi santri dan NU.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.