Sukses

Nasdem Minta Cawapres Jokowi Miliki 2 Kemampuan Ini

Partai Nasdem akan mendukung siapa pun calon wakil presiden yang dipilih Jokowi pada Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 telah mengerucut lima nama. Partai Nasdem akan mendukung siapa pun calon wakil presiden yang akan dipilih Jokowi, sekalipun itu adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

"Nasdem akan sepakat siapapun yang dipilih Jokowi dari lima nama yang sudah dikerucutkan tersebut," kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya di Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Hanya saja, lanjut dia, pemilihan cawapres bagi petahana seperti Jokowi bukan sekadar memiliki elektabilitas, tetapi juga menjadi nilai tambah karena kapasitas untuk memimpin kabinet dan negara.

"Periode kedua bagi petahana harus lebih total dalam bekerja karena periode terakhir. Di sinilah pentingnya wakil mampu atau tidak mengimbangi kerja pak Jokowi," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Selain hal tersebut, penentuan wakil juga akan dipengaruhi oleh isu yang dianggap sisi lemah Jokowi, dan wakilnya harus mampu menambal.

"Nasdem konsen terhadap dua hal tersebut, mampu memenangkan dan bisa mengimbangi kerja Pak Jokowi," ungkap Willy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyebut Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin termasuk dalam pilihan sebagai calon wakil presiden.

"Saya harus ngomong apa adanya, salah satu nama itu adalah Pak Muhaimin Iskandar," kata Presiden seusai meninjau arena olahraga dayung bersama Cak Imin, di Jakabaring Sport City, Sabtu (14/7).

Presiden menjelaskan bahwa dirinya masih menimbang salah satu dari lima tokoh yang akan mendampinginya sebagai wakil presiden pada Pilpres 2019. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.