Sukses

Nasdem Yakin Jokowi Menangi Pilpres Jika Berduet dengan Mahfud MD

Mahfud MD dinilai ideal menjadi cawapres karena tokoh besar dan negarawan yang sudah dekat dan membantu kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem meminta calon wakil presiden pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019 tidak berasal dari partai politik. Dari beberapa nama figur nonparpol yang muncul, Nasdem menilai Mahfud MD memenuhi kriteria sebagai pendamping ideal Jokowi pada Pilpres 2019.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johny G Plate menyampaikan, Mahfud MD ideal menjadi cawapres karena merupakan tokoh besar dan negarawan yang sudah dekat dan membantu kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

“Pak Mahfud itu kan seorang tokoh nasional, dikenal dengan baik, pernah menjadi ketua MK. Seorang mahaguru yang selama ini mengikuti kebijakan Presiden Jokowi. Pak Mahfud baik lah,” kata Johny G Plate kepawa wartawan di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Dihubungi terpisah, anggota Dewan Pakar Partai Nasdem, Taufiqulhadi, mengatakan figur non parpol yang ideal jadi cawapres Jokowi adalah Mahfud. Taufiqulhadi yakin Mahfud MD bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi.

Pasalnya, Mahfud yang merupakan Guru Besar Hukum dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) punya jaringan ke tokoh dan organisasi Islam, mudah diterima semua pihak karena pemikiran kebangsaannya, dan unggul dalam hal pengalaman dibanding nama bakal cawapres lainnya.

“Pak Mahfud MD dekat dengan semua kalangan. Kami punya keyakinan, siapapun lawannya, calon kami akan menang,” kata Taufiqulhadi seperti dikutip dari Antara.

Anggota Komisi III DPR RI itu menyampaikan, jika figur cawapres Jokowi berasal dari partai politik maka dikhawatirkan tidak maksimal dalam upaya pemenangannya. Sebaliknya, figur cawapres non-parpol akan meningkatkan kebersamaan partai pendukung dalam memenangkan Jokowi pada pilpres tahun depan.

“Partai-partai itu enggak perlu mengajukan kader untuk cawapres Pak Jokowi, menurut saya biarkan figurnya dari non-parpol saja,” kata Taufiqulhadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diumumkan Tepat Waktu

Nama cawapres sudah ada di kantong Jokowi dan akan segera diumumkan pada waktu yang tepat. Sebagai petahana, Jokowi kemungkinan besar akan kembali bersaing dengan Prabowo Subianto yang diusung Partai Gerindra dan koalisinya.

Adapun Mahfud, tidak ingin banyak mengomentari wacana pencapresannya. Dia menyerahkan semuanya pada keputusan Presiden Jokowi dan partai pendukungnya.

"Saya serahkan kepada Presiden Jokowi dan partai politik," katanya di Kedai Kopi Kok Tong, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.