Sukses

Y Publica: PSI Berpotensi Tarik Suara Anak Muda di Pemilu 2019

Menurut Rudi, anak muda cenderung menjaga jarak dengan politik. Namun, kemunculan PSI berpotensi menarik minat pemilih anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 ini diprediksi akan menarik minat pemilih pemula. Hasil survei Y Publica menyebutkan ada beberapa partai dianggap akan menjadi pilihan para pemilih pemula atau anak muda. 5 partai yang dimaksud yaitu, PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) .

"Survei kami, partai yang dianggap paling mendekati selera dan aspirasi anak muda, pertama PDIP 23,9 persen, Gerindra 11,2, Golkar 5,4 persen, Demokrat 5,4 persen, dan PSI 5,1 persen. Yang menaraik PSI masuk 5 besar partai yang dianggap partai anak muda," ujar Direktur Eksekutif lembaga survei Y Publica, Rudi Hartono di Jakarta, Senin, 28 Mei 2018

Meski demikian survei tersebut masih umum. Pihaknya belum membuat survei yang khusus kepada anak-anak muda karena anak anak muda agak apatis dengan politik.

Menurut Rudi, anak muda cenderung menjaga jarak dengan politik. Namun, kemunculan PSI berpotensi menarik minat pemilih anak muda.

"Kemunculan PSI yang berisi anak muda, dengan rekam jejak bersih, memang berpotensi menarik minat banyak anak muda untuk berpolitik," ujar dia

Tetapi, tambah dia, ada tantangan yang harus dilakukan PSI, yakni mereka harus menampilkan politik yang benar-benar berbeda dengan partai-partai tua/lama.

"PSI harus mempertahankan rekam jejak bersih. Serta, menghadirkan politik kaya ide, gagasan dan punya agenda politik yang jelas," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.