Sukses

Ketum PPP: Insyaallah Koalisi Jokowi Diusung 8 Parpol

Ketua Umum PPP Romahurmuziy menyatakan siap membawa tiga partai lain untuk mengusung Jokowi di Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy atau Romi siap membawa tiga partai lain untuk mengusung Jokowi di Pilpres 2019. Dengan demikian, delapan partai digadang akan mengusung petahana kembali jadi presiden Indonesia.

Lima partai telah menyatakan sikap mendukung Jokowi, yakni PDIP, PPP, Hanura, Nasdem, dan Golkar. Sedangkan tiga partai lain masih dalam tahap komunikasi intens.

"Saya bisa menambahkan bukan hanya satu tapi tiga partai lagi. Insyaallah koalisi Pak Jokowi nanti akan diusung 8 parpol yang ada di parlemen," kata Romi di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat, 4 Mei 2018.

Tiga partai yang ditargetkan masuk koalisi yakni PKB, Demokrat, dan PAN. Untuk PKB, Romi berkeyakinan partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar akan mengulang sikapnya seperti Pilpres 2014.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sisakan Gerindra dan PKS

Dia menilai tinggal menunggu waktu PKB masuk gerbong pemenangan Jokowi. Sebab, selama kabinet pemerintahan berlangsung, PKB selalu terlibat di dalamnya.

"Saya tidak dapat membayangkan PKB tidak mendukung Pak Jokowi, karena kalau tidak mendukung, Agustus mereka akan kehilangan empat menteri," ujarnya.

Tanpa dukungan empat kementrian, Romi berkeyakinan PKB akan kesulitan menghadapi pemilu 2019. Hal itu bisa menutup keinginan PKB yang mendesak Cak Imin sebagai cawapres Jokowi.

Sedangkan untuk Demokrat dan PAN, kepastian dukungan akan mengemuka nanti. Romi berkomitmen, minimal satu dari dua partai itu akan masuk koalisi.

"Mungkin hanya menyisakan Gerindra dan PKS. Itu harapan kami," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.