Sukses

PPP: Secara Etika Muhaimin Harus Komunikasi ke Koalisi soal Cawapres Jokowi

Mustaqim menilai manuver Muhaimin dan PKB terkait pencalonan cawapres Jokowi sebagai hal biasa dalam berpolitik.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengusung Muhaimin Iskandar menjadi cawapres Joko Widodo atau Jokowi. Terkait hal ini, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Mustaqim mengatakan, secara etika Muhaimin harusnya berkomunikasi dengan partai-partai pendukung Jokowi sebelum mendeklarasikan diri menjadi cawapres.

"Ini bicaranya sudah etika, kalau bicara etika ya tentunya dikomunikasikan dengan partai-partai yang satu koalisi," kata Mustaqim di Hotel Patrajasa, Semarang, Jawa Tengah, Kamis 12 April 2018 malam.

Namun, Mustaqim menilai manuver Muhaimin atau Cak Imin dan PKB terkait pencalonan cawapres sebagai hal biasa dalam berpolitik. Sebab, pada hakekatnya tujuan berpartai adalah mencari kekuasaan, termasuk mengusung kader menjadi cawapres.

"Beliau punya size melalui partainya untuk rebut kekuasaan. Apa yang akan direbut ya cawapres. Ya silakan memang itu ruang untuk berparpol," tegasnya.

Selain itu, Mustaqim membantah diselenggarakannya Munas Alim Ulama PPP di Semarang sebagai respons dalam menyikapi manuver Cak Imin tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Munas Alim Ulama

Sebagai Ketua Organizing Comitte Munas Alim Ulama PPP, Mustaqim mengklaim acara tersebut sudah direncanakan sejak lama. Cakupan Munas Alim Ulama luas tidak hanya terbatas pada isu Pilpres 2019.

"Pertama mempertegas peran ulama di NKRI. Kedua bagaimana menghasilkan kepentingan dalam bingkai Islam rahmatan lilalamin," klaimnya.

Namun, anggota Komisi VIII DPR ini tidak menampik jika forum Munas akan membahas kriteria dan sosok cawapres bagi Jokowi. Selain soal kepemimpinan nasional, Munas juga akan membahas isu-isu kebangsaan lain.

"Bisa jadi, sangat mungkin. Misalnya tadi berbicara Pilpres kayak apa pemimpin nasional yang diperlukan, cirinya kayak apa, kalau ciri presidennya kayak apa mungkin ciri-ciri wapresnya kayak apa," tandasnya.

Reporter: Renald Ghiffari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.