Sukses

Dari Mekah Rizieq Shihab Ingin Satukan 4 Partai, Apa Kata Mereka?

Liputan6.com, Jakarta Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab mengusulkan agar Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) berkoalisi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, baik Gerindra, PKS, maupun PAN belum ada yang tegas mengiyakan usulan itu.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan, usulan Rizieq Shihab merupakan hal baik, yakni untuk menyatukan umat.

"Imbauan itu perkara baik. PKS siap bersama umat dan ulama," ucap Mardani saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis 22 Maret 2018.

Namun, kata Wakil Ketua Komisi II DPR ini, koalisi akan terlaksana bila semua partai dapat melepaskan ego masing-masing dengan tujuan untuk mengusung kesatuan umat.

"Iya, harus benar-benar mengutamakan kepentingan bangsa," jelas Mardani.

Adapun Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, partainya akan memperimbangkan masukan Rizieq Shihab itu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN mendatang.

"Kita apresiasi semua input, masukan dari tokoh agama, tokoh masyarakat. Tentu itu jadi salah satu masukan, untuk jadi bahan pertimbangan di Rakernas," kata Eddy saat dihubungi, Kamis.

Dia mengatakan, saat partai besutan Amien Rais belum memutuskan arah koalisi Pilpres. Sebab itu, hingga kini kesempatan membangun arah koalisi masih terbuka lebar.

"Sampai sekarang semua opsi kita buka. Tidak ada. Belum ada keputusan yang final, karena semua itu nanti diputuskan melalui mekanisme Rakernas," ungkap Eddy menanggapi usulan Rizieq Shihab.

 

2 dari 2 halaman

Respons Gerindra

Adapun dari Gerindra, Wakil Ketua Umum Ferry Juliantono mengungkapkan, partainya saat ini tengah membuka koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. Sedangkan untuk PKS, PAN, dan PBB, pihaknya sudah pernah berkoalisi di Pilkada bahkan di Pilpres 2014.

"Kalau kita sudah terbiasa, jadi Insya Allah relatif lebih gampang komunikasi. Kita punya saling pengertian," jelas Ferry.

Sebelumnya, Rizieq Shihab menyampaikan usulannya agar Gerindra, PKS, dan PAN berkoalisi dalam Pilpres 2019 saat Wasekjen Gerindra Andre Rosaide menemuinya di Mekah.

"Tadi malam jam 21.30 waktu Mekah saya bertemu Habib Rizieq di rumah beliau. Dalam pertemuan malam tadi, HRS (Habib Rizieq Shihab) memberikan imbauan agar Gerindra, PKS, PAN, PBB bisa berkoalisi di Pilpres 2019," ungkap Andre kepada Merdeka.com, Selasa 22 Maret 2018.

"Gerindra mengapresiasi usulan HRS, Insya Allah Gerindra lagi membangun komunikasi agar bisa mewujudkan usulan HRS," ucap Andre.

Reporter: Sania Mashabi

Loading
Artikel Selanjutnya
Gerindra: Prabowo Setuju Pimpinan MPR Jadi 10 Orang
Artikel Selanjutnya
Disebut Jadi Calon Menteri Jokowi, Edhy Prabowo: Saya Ikut Perintah Ketum