Sukses

3 Paslon Kepala Daerah Pemenang Pilkada Sumsel Bakal Dilantik 17 Februari 2021

Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Amrah Muslimin mengungkapkan, penetapan paslon terpilih dilakukan di Musi Rawas, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis, 21 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta Usai ditetapkan sebagai pemenang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak, 9 Desember 2020, tiga dari tujuh pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati terpilih bakal dilantik pada Rabu, 17 Februari 2021.

Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Amrah Muslimin mengungkapkan, penetapan paslon terpilih dilakukan di Musi Rawas, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis, 21 Januari 2021.

Sementara, Pilkada Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas Utara (Muratara), Ogan Komering Ulu (OKU) dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Hari ini tiga paslon terpilih sudah resmi ditetapkan oleh masing-masing KPU," ungkap Amrah, Kamis, 21 Januari kemarin. 

Dikatakan, pihaknya tengah melakukan persiapan dalam rangka menghadapi sidang di MK. Rapat kerja seluruh KPU di daerah yang bersengketa rencananya akan digelar.

"Dalam gugatan ada dugaan pelanggaran dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT), money politics dan pelanggaran sistematis lainnya. Itu yang sedang kami kaji," kata dia.

Amrah optimistis gugatan bakal ditolak MK. Dia menilai pelaksanaan Pilkada Serentak di Sumsel berjalan secara demoktratis dan tidak terdapat pelanggaran.

"Mudah-mudahan berjalan lancar agar penetapan pasangan terpilih bisa dilakukan dan selanjutnya dilantik," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Paslon Akan Dilantik Gubernur Sumsel

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sumsel Ahmad Rizali menjelaskan, pelantikan tiga pasangan terpilih nantinya akan dilantik oleh Gubernur Sumsel Herman Deru di Griya Agung Palembang, 17 Februari 2021.

Kemudian, pelantikan dilakukan pada pasangan terpilih Kabupaten OKU, OKU Selatan, dan Muratara. Sementara, PALI digelar pada tahapan berikutnya.

"Kami bagi tiga tahap pelantikan, untuk tiga pasangan dilantik 17 Februari dan empat pasangan lain pada tahap selanjutnya, tergantung hasil MK," kata dia.

Ketiga pasangan yang bakal segera dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir terpilih Panca Wijaya Akbar-Ardani, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Musi Rawas, Ratna Machmud-Suwarti, dan Bupati dan Wakil Bupati terpilih OKU Timur, Lanosin-HM Adi Nuhraha Purna Yudha.

 

Reporter: Irwanto

Sumber: Merdeka 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.