Sukses

Instruksi Tito Karnavian, Kemendagri Akan Evaluasi Jalannya Pilkada 2005-2020

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri berencana melakukan evaluasi terhadap jalannya Pilkada mulai tahun 2005. Karena itu, dia akan meminta lembaga kajian untuk membantu evaluasi ini.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, hal ini seusai arahan dari Mendagri Tito Karnavian.

Menurut dia, hasil kajian dari lembaga terkait Pilkada tersebut nantinya dikompilasi dan dijadikan rekomendasi ke Mendagri.

"Semua hasil penelitian dari semua lembaga think tank nantinya akan diramu, dikompilasi, dan dijadikan satu kemudian akan di-publish setelah dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri," kata dia dalam keterangan tulis, Selasa (15/12/2020).

Agus menuturkan, evaluasi Pilkada tersebut melibatkan sejumlah lembaga independen, seperti CSIS, LP3ES, Perludem, Litbang Kompas, Puskapol UI, dan Universitas Telkom.

"Berharap hasil evaluasi bisa bermanfaat bagi bangsa terutama terkait penyelenggaraan Pilkada," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Untuk Politik Masa Mendatang

Sementara, Staf Khusus Mendagri Muchlis Hamdi menuturkan, evaluasi pilkada ini penting. Salah satunya diharapkan dapat memberikan jalan bagi literasi politik di masa mendatang.

"Pilkada tidak hanya sekedar mengakomodasi hak politik rakyat, dan hak perorangan, tetapi diharapkan bisa menciptakan demokrasi yang berkualitas, dan menciptakan makna positif dan kemaslahatan untuk kehidupan berbangsa," jelas Muchlis.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: