Sukses

Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy Klaim Menangkan Pilgub Sumbar

Menurut dia, jumlah suara yang masuk dari lembaga tersebut sudah mencapai 81 persen dan perolehan suara Mahyeldi-Audy konsisten.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy mengklaim telah memenangkan Pilkada Sumatera Barat 2020.

"Berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional yaitu Poltracking dan Voxpol Center menempatkan Mahyeldi-Audy pada posisi pertama dengan perolehan suara 32 persen hingga Rabu pukul 17.30 WIB," kata Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy, Mochlasin di Padang, Rabu (9/12/2020) petang.

Menurut dia, kendati hasil tersebut masih bergulir, jumlah suara yang masuk dari lembaga tersebut sudah mencapai 81 persen dan perolehan suara Mahyeldi-Audy konsisten.

"Tidak hanya itu, berdasarkan hasil real count sementara yang dimiliki tim pemenangan pasangan Mahyeldi-Audy juga unggul," kata dia seperti dikutip Antara.

Ia mengakui sebelumnya pada survei soal Pilgub Sumbar, Poltracking menempatkan Mahyeldi pada urutan ketiga dan Voxpol Center pada posisi yang bersaing, namun hasil hitung cepat keduanya saat ini seragam.

Mochlasin bersyukur atas perolehan suara sementara yang diperoleh karena walaupun masih hasil hitung cepat karena menggunakan metode ilmiah hasilnya tidak akan jauh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendukung dan relawan yang telah bekerja siang dan malam," kata dia.

Ia juga menyampaikan akan segera memaparkan hasil penghitungan dari saksi Mahyeldi-Audy yang tersebar di 12.548 TPS di Sumbar.

Sementara calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan mengacu pada data hitung cepat dua lembaga survei nasional hasilnya konsisten Mahyeldi-Audy berada di peringkat pertama.

Ia berpesan kepada seluruh relawan dan saksi agar menjaga perolehan suara tersebut sampai penetapan pleno oleh KPU.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Pilkada Sumbar

Paslon pertama adalah Mulyadi-Ali Mukhni. Mulyadi merupakan anggota DPR, sedangkan Ali Mukhni adalah bupati Padang Pariaman. Keduanya diusung oleh Demokrat dan PAN dengan 20 kursi.

Paslon kedua Nasrul Abit-Indra Catri. Nasrul Abit adalah Wakil Gubernur Sumbar, sementara Indra Catri merupakan Bupati Agam. Mereka diusung oleh Gerindra dengan 14 kursi.

Paslon ketiga Fakhrizal-Genius Umar. Fakhrizal merupakan mantan kapolda Sumbar, sementar Genius Umar menjabat Wali Kota Pariaman. Paslon tersebut diusung oleh Golkar, PKB, dan Nasdem dengan 14 kursi.

Pasloin keempat Mahyeldi-Audy Joinaldy. Mahyeldi merupakan wali kota Padang, sedangkan Audy seorang pengusaha. Paslon ini diusung oleh PKS dan PPP dengan 14 kursi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.