Sukses

Pilkada Watch: Ada Sinyal Kuat Pelanggaran Prokes Akan Ditindak Tegas

Pesannya sangat tegas, jika Paslon berani coba-coba lakukan pelanggaran, terutama Prokes, dengan mengadakan kerumunan massa, siap-siap pidana menanti.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga pemantau pemilu Pilkada Watch menyambut baik koordinasi yang dilakukan Kabareskrim Polri dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum) bersama dengan Bawaslu dan KPU. Hal ini menunjukkan sinyal kuat bahwa aparat akan menindak tegas secara pidana setiap pelanggaran Pilkada yang terjadi.

"Kami menyambut baik upaya yang dilakukan Kabareskrim Polri dan JAM Pidum dengan melakukan koordinasi bersama Bawaslu dan KPU terkait pelanggaran yang terjadi pada tahapan Pilkada Serentak 2020. Hal ini menunjukkan bahwa ada sinyal kuat aparat akan menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi apakah itu mengenai protokol kesehatan dengan mengadakan kerumunan, maupun pelanggaran lainnya," ujar Direktur Eksekutif Pilkada Watch Wahyu Agung Permana, Jumat (4/12/2020).

Menurutnya, sinyal ini sejalan dengan ketegasan yang ditunjukkan Polri yang menyebutkan telah terjadi tindak pidana dalam kerumunan massa di Petamburan dan Bogor, bahkan telah meningkatkan kasusnya ke tahap penyidikan.

"Ini merupakan sinyal dan peringatan keras dari Polri dan Kejagung kepada seluruh Paslon untuk tidak melakukan pelanggaran di saat akhir kampanye ini dan menjelang minggu tenang," ujar Wahyu.

"Pesannya sangat tegas, jika Paslon berani coba-coba lakukan pelanggaran, terutama Prokes, dengan mengadakan kerumunan massa, siap-siap pidana menanti," pungkas Wahyu.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo Bersama JAM Pidum Fadil Zumhana menghadiri rapat koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang dilaksanakan Bawaslu, Kamis (3/12/2020).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Sentra Gakkumdu

Adapun materi yang dibahas dalam rapat adalah potensi tindak pidana pada tahapan pemungutan penghitungan dan rekapitulasi perolehan hasil suara. Serta pemidanaan dalam tindak pidana pemilihan dan efek jera bagi pelaku tindak pidana pemilihan.

Sentra Gakkumdu adalah gabungan kerja antara Bawaslu, Kejagung, dan Polri dalam rangka menangani pelanggaran-pelanggaran pemilu. Kerja sama tersebut dituangkan lewat perjanjian yang sudah ditandatangani sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.