Sukses

Pilkada Jabar 2020, Jumlah Pemilih Capai 11,6 juta

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan, jumlah pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Provinsi Jabar sebanyak 11,6 juta dan 299 ribu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Mereka nantinya akan menggunakan hak pilihnya di 33.305 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di delapan daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak. 

Ketua KPU Jabar Rifqi Alimubarok mengatakan, di setiap TPS hanya akan ada 500 pemilih. Dan pemilih yang hadir wajib memakai sarung tangan yang sudah disediakan dan menerapkan protokol kesehatan 3M dengan ketat.

"Area juga didisinfeksi dulu, bilik khusus sudah disimulasikan, jadi masyarakat merasa terlindungi dan menjamin keamanannya agar tidak ragu datang ke TPS," kata Rifqi, Jumat, 27 November 2020 dilansir Antara.

"Jadi ke-48 calon (pasangan kepala daerah) sehat dari 50 calon. Ada dua calon yang positif COVID-19 yaitu di Indramayu dan Depok," tambahnya.

Rifqi mengatakan, kampanye pilkada saat ini sudah memasuki masa kampanye iklan.

"Semua kampanye juga berjalan lancar dan tidak ditemukan adanya klaster kampanye. Termasuk logistik kampanye juga sudah berada di kecamatan," tuturnya. 

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Tandatangani Deklarasi Pilkada Serentak

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil pada hari ini telah menandatangani deklarasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang berkualitas, berintegritas dan aman atau patuh protokol kesehatan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Penandatanganan deklarasi dilakukan bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati/Wali Kota, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung.

Adapun delapan daerah di Jabar yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok.

"Kami menandatangani Deklarasi Pilkada yang berkualitas dan berintegritas serta aman dari COVID-19 antara saya, KPU, Bawaslu, ketua Desk Pilkada dan para Pjs Bupati/Wali Kota, dan yang melaksanakan Pilkada Serentak," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, Sabtu(28/11/2020). 

Kang Emil menyatakan, pihaknya berkomitmen menggelar Pilkada Serentak 2020 dengan aman. Komitmen tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: