Sukses

Saiful Mujani: Muhamad-Saraswati Unggul di Survei, Masa Depan Tangsel Cerah

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan nomor urut 1 Drs H Muhamad M.Si dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo unggul di survei Indikator Indonesia yang diumumkan Selasa 17 November 2020 melalui siaran langsung di Youtube dan Zoom.

Haji Muhamad unggul 5,4 persen dari pesaingnya Benyamin Davnie. Mantan Sekda itu meraih 38,6 persen sedangkan Benyamin Davnie, petahana Wakil Wali Kota Tangsel meraih 33,2 persen. Sementara Nur Azizah meraih 16,4 persen.

Dalam acara tersebut hadir pula pakar ilmu politik dan ahli survei, Saiful Mujani yang memberikan komentar atas temuan survei Indikator Indonesia.

"Temuan survei Indikator Indonesia menarik karena pasangan Muhamad-Saraswati terus mendapatkan dukungan," kata pendiri Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) itu.

Saiful Mujani juga mengaku terkejut karena Nur Azizah tidak mendapatkan dukungan yang besar berdasarkan survei itu.

"Saya terkejut ternyata Nur Azizah selisihnya cukup jauh, bahkan bila dibandingkan dengan Benyamin Davnie," kata Saiful Mujani

"Temuan survei ini bagi saya yang warga Tangsel menunjukkan pilihan politik masyarakat Tangsel waras, di tengah kegelapan politik yang masih banyak memainkan isu identitas dan politik uang. Ini masa depan yang cukup cerah bagi Tangsel," tegas dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Menguat Cukup Signifikan

Sebelumnya, Lembaga Survei Indikator Politik merilis survei dinamika elektoral Pilwakot Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan hasil survei paslon mana yang akan dipilih warga Tangsel apabila pencoblosan dilakukan hari ini.

Hasilnya, pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati mendapat posisi tertinggi yakni 34,5 persen.

"Sementara Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan 31,8 persen dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben 12.1 persen," kata Burhanuddin dalam rilis daring, Selasa (17/11/2020).

Kemudian, apabila pemilihan menggunakan foto pasangan calon, sebanyak 38,6 persen akan memilih Muhammad, 33,2 persen memilih Benyamin, dan 16,4 memilih Siti Nur Azizah.

Burhanuddin menyebut, dibandingkan temuan sebelumnya, dukungan pada pasangan Muhammad dan Rahayu Saraswati menguat cukup signifikan, mengungguli paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben.

"Meskipun elektabilitas Muhammad dan Rahayu Saraswati mulai unggul, tapi keunggulannya tidak signifikan secara statistik. Karena selisih dua paslon masih dalam kisaran margin of error survei," kata Burhan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: