Sukses

Jika Menang Pilkada, Eri Cahyadi Janji Mantapkan Program Kerukunan Beagama

Liputan6.com, Jakarta Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjamim kebebasan beribadah bagi seluruh pemeluk agama di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur jika terpilih dalam Pilkada Surabaya 2020.

Eri Cahyadi mengatakan bahwa Kota Surabaya ke depan tidak boleh ada istilah minoritas dan mayoritas agama dalam menjalankan ibadah. Semua masyarakat Surabaya harus mendapatkan hak yang sama dalam melaksanakan ibadah.

"Saya juga tidak ingin di Kota Surabaya masih ada paham radikalisme yang merusak tatanan kehidupan masyarakat di Surabaya. Insyaallah, jika jadi wali kota, saya akan tetap memerangi paham dan kelompok radikal di Surabaya," katanya di Surabaya, Senin (26/10/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan memantapkan program kerukunan antarumat beragama dan menjamin kebebasan beribadah bagi seluruh agama, khususnya kepada anak-anak sejak dini di sekolah-sekolah.

Eri Cahyadi sendiri juga monyoroti perkembangan anak di tengah toleransi antarumat beragama.

"Saya ingat zaman dahulu waktu sekolah di dalam satu kelas masih ada campuran murid dari Jawa, Arab, dan China. Kenapa saat ini tidak ada yang seperti itu? Insyaallah, kalau saya terpilih akan memunculkan kembali sekolah seperi itu," katanya seperti dikutip dari Antara.

2 dari 3 halaman

2 Pasang Calon di Pilkada Surabaya

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 1 ini diusung oleh PDIP dan didukung oleh PSI.

Selain itu, mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik nonparlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai, yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai NasDem, serta didukung partai nonparlemen, Partai Perindo.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: