Sukses

Pilkada Solo, Begini Cara Paslon Bajo Bangkitkan Sektor Pariwisata Jika Terpilih

Untuk membangkitkan sektor pariwisata di Kota Solo, menurut Bagyo salah satu caranya bisa dengan optimalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai daya tarik.

Jakarta - Sektor pariwisata menjadi salah satu program kampanye pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo, Bagyo Wahyono-FX Supardjo atau Bajo. 

Untuk membangkitkan sektor pariwisata di Kota Solo, menurut Bagyo salah satu caranya bisa dengan optimalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai daya tarik. Hal itu disampaikannya saat bersilaturahmi dengan puluhan driver ojek online (ojol) Solo.

"Ayo bareng-bareng kita tata Solo. Pariwisata utamanya keraton dibangkitkan lagi, sehingga ojol juga ramai karena pariwisatanya ramai. Nanti kita bangun aset wisata, seperti spa sing ala keraton nganggo kembang dan sebagainya gitu," jelasnya, Minggu, 18 Oktober malam. 

Aset penting lainnya menurut cawali dari pasangan Bajo ini adalah tata krama dan adab ketimuran yang merupakan warisan luhur bangsa.

"Sebagai kota budaya, Solo harus mampu menunjukkan adab-adab ketimuran seperti sopan santun, toleransi, dan saling menghargai. Dengan begitu akan banyak orang yang ingin berkunjung merasakan nilai-nilai budaya timur yang tetap terjaga dengan baik," tuturnya. 

Ihwal konflik internal Keraton, Bagyo mengakui butuh pendekatan khusus agar segera selesai.

"Keraton saiki lagi panas-panase, insyaallah nanti Bajo akan berusaha mendamaikan semua pihak. Sehingga Solo bisa lebih kuncoro ke depannya," imbuhnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Budaya

Bajo menambahkan sebisa mungkin pariwisata kota ini bisa bertahan puluhan tahun sehingga generasi penerus bisa ikut merasakannya.

"Kita bangkitkan budaya yang memang menjadi modal utama Solo untuk angkat sektor pariwisata. Tidak hanya pada masa kita saja, tapi bisa tetap hidup atau berkesinambungan ke generasi anak cucu kita. Ini butuh dukungan semua pihak," paparnya.

 

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.